Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Jumat, 21 Januari 2022

Membangun Kebahagiaan Peserta Didik

 

Sumber gambar: crop foto HP Pribadi  

Jum’at, 21 Januari  2022 | oleh: Toad Isbani         

Kebahagiaan merupakan ungkapan rasa senang dan nyaman terhadap sesuatu. Kebahagiaan peserta didik pastilah suatu rasa senang dan nyaman terhadap kondisi pembelajarannya. Mulai dari rasa senang terhadap guru dan pembimbingnya, senang terhadap perilaku teman dan kerabatnya, senang juga pada pelajaran yang didalaminya. Kebahagiaan dengan merasakan nyaman terhadap lokasi, gedung, ruang ataupun tempat mereka belajar. Rasa bahagia karena semua kebutuhannya tercukupkan dengan berbagai fasilitas yang diberikan.

 

Peserta didik dengan berbagai karakter dan dari latar belakang keluarga yang berbeda-beda tentu sarat akan keberagaman. Keberagaman sikap, perilaku dan juga daya serap terhadap pendidikan yang ditempuh. Peserta didik mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda dengan fasilitas yang sama. Peserta didik yang mempunyai target keberhasilan belajar yang berbeda juga. Untuk menghantarkan keberhasilan belajar peserta didik, tidak lepas dari peran guru dan pegawai, fasilitas pendukung termasuk sarana prasarana yang meliputi perpustakaan, ruang kegiatan belajar mengajar, laboratorium, halaman, kantin, area hotspot, area bermain dan lain sebagainya.

 

Membangun kebahagiaan peserta didik tidak hanya pada nilai akhir yang tinggi, akan tetapi lebih pada menciptakan rasa aman, nyaman dan keberhasilan dalam penuhan pembelajaran peserta didik. Membangun berawal dari mendaftar sebagai calon peserta didik sampai lulus dalam tingkatan pendidikan serta pengakuan sebagai alumni. Kebahagiaan yang tak terputus dan terus berkelanjutan sampai kapanpun. Kebahagiaan yang mampu menimbulkan rasa bangga terhadap instasi pendidikan yang mereka tempati. Kebahagiaan yang mampu memunculkan semangat menambah dan meningkatkan kompetensi keilmuan mereka.

 

Dengan terus membangun dan berinovasi dalam melayani setiap peserta didik untuk meraih segala keinginan terkait pendidikan, juga menciptakan rasa senang, aman dan nyaman setiap peserta didik dalam menempuh dan meningkatkan wawasan keilmuan dalam bidang pendidikan formal. Tidak adanya rasa keterpaksaan dan tekanan dalam menempuh pendidikan.  Setiap peserta didik akan selalu rindu dan betah untuk selalu berada di madrasah/sekolah. Peserta didik yang sudah luluspun akan selalu bangga dengan keberadaan sekolah/madrasahnya. Mereka akan selalu datang untuk melihat perkembangan instansi pendidikan yang dulu mereka tempati. Bahkan akan selalu bangga dan cinta ketika madrasahnya semakin meningkat tingkat mutu pelayanan serta fasilitas yang ada sekarang ini. Semoga setiap peserta didik akan selalu bangga dan ikut membangun madrasahnya dalam meningkatkan eksistensi keberadaan madrasah tempat mereka belajar dan mendapatkan ilmu.

 

Sekian dulu tulisan saya untuk hari ini, semoga ada manfaat untuk para pembaca semua. Tetap harus belajar dan semangat dalam berkembang. Membiasakan setidaknya minimal 300 kata dalam sehari untuk menulis dan diposting ke BLOG. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin. Salam SEDULUR.

https://toadisbanimtsn1solo.blogspot.com/2021/01/sedulur-menjadi-strategi-guru-dalam.html

Silahkah diuprek  Blog Toad Isbani di URL : https://toadisbanimtsn1solo.blogspot.com/

#300KataMenulis,#Pendidikan,#Toad Isbani,#LiterasiDigital,#MenulisSetiapHari,#Literasi,#Perjuangan,#Berkarya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates