Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Selasa, 07 April 2020

Diklat Ujung Tombak Peremajaan Ilmu Pengetahuan

Pendidikan dan Pelatihan merupakan usaha untuk meningkatkan mutu guru. Guru yang merupakan pemeran utama dalam dunia pendidikan perlulah pembaharuan sistem dan/atau perubahan image juga tambahan pengetahuan tentang teknologi informasi.

Tidaklah mudah memang memberi tambahan wawasan dan meubah cara pandang sosok guru yang sudah senior dengan pendirian yang kuat dan punya prinsip pokok e ngene (yang penting begini). Tidaklah semua orang dapat menjadi guru, akan tetapi sebenarnya orang sudah harus dapat menjadi guru dalam dirinya sendiri. Karena guru tentunya seseorang yang dapat mengatur dirinya sendiri, melatih dan mendidik dirinya sendiri baru kemudian mengatur, melatih dan mendidik orang lain.

Sosok guru yang dulu digugu dan ditiru memanglah sudah pantas, karena profesi guru memanglah istimewa dan mulia. Guru kadang tidak memperhatikan kebahagiaan dirinya sendiri akan tetapi kebahagiaan orang lain yang lebih diutamakan.

Guru tentunya mempunyai watak dan karakter baik, makanya guru haruslah ditiru. Guru melatih dan mendidik kebaikan, oleh karenanya guru haruslah digugu. Guru yang mau berubah akan menentukan perubahan pada pendidikan juga. Peningkatan kompetensi guru dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat dengan pelatihan dan pendidikan (diklat), dapat juga dengan studi banding.

Meningkatkan kompetensi guru akan meningkatkan kecerdasan generasi emas bangsa juga. Dengan guru yang berkompeten tentunya akan lebih mempunyai wawasan keilmuan yang bertambah. Dan tentunya akan dapat diimplementasikan ilmunya untuk melatih dan mendidik para peserta didik.

Semoga dengan tulisan ini, pemerintah segera mengadakan diklat yang merupakan ujung tombak peremajaan keilmuan bagi guru. Khususnya guru-guru TIK yang sudah tergerus oleh hilangnya mata pelajaran TIK. TIK akan digantikan dengan Informatika yang lebih membawa kepeningkatan dalam hal penguasaan teknologi. Ayo belajar Informatika !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates