Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Selasa, 06 Desember 2016

MENYONGSONG ERA TEKNOLOGI DENGAN KEGIGIHAN BELAJAR

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi akan sejalan dengan semakin majunya peradaban kehidupan dalam bermasyarakat dan dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi ditandai dengan semakin maraknya produk dan asesoris komputer dan ataupun laptop. Bahkan era teknologi sudah mencapai pada titik yang mencapai puncaknya dengan banyaknya produk teknologi dalam berbagai variannya. Marilah kita tengok diberbagai kalangan yang sudah banyak menggunakan teknologi mulai dari alat komunikasi yang semakin canggih, bahkan ada banyak mainan anak-anak yang sudah didesain dengan teknologi yang canggih. Teknologi tidak mungkin kita hindari, teknologi tidak mungkin kita cegah perkembangannya. Era teknologi yang merambah pada permasalahan digitalisasi dari segala aspek penjuru.

Era teknologi tidak lepas dari peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi. TIK merupakan dasar pembentukan untuk melatih dan menyiapkan generasi di era teknologi digital yang mempunyai mental handal dan siap banting. Perkembangan teknologi yang diibaratkan bagai pisau bermata dua memanglah sangat tepat. Di sisi satu, dengan teknologi akan membawa kemajuan dan kemaslahatan dalam berkehidupan di sisi lainnya akan membawa kehancuran dalam kehidupan. Jika TIK diajarkan dalam dunia pendidikan tentunya akan dapat membawa arah yang baik, sebagai contoh aja dunia maya yang terkenal dengan istilah Internet tentunya tidak hanya sekedar dikonsumsi oleh kalangan usia sekolah, diperlukan pembelajaran dan pemahaman dalam penggunaan dan pemanfaatan internet. Jikalau kalangan usia sekolah (generasi muda) bangsa ini sekedar difasilitasi dengan Internet yang notabene informasi-informasi sudah tidak ada filternya, maka kita tinggal menunggu kehancuran mental dan sosial para generasi bangsa ini.

Belajar adalah usaha untuk yang dari tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mengerti menjadi mengerti dan arti yang lebih mendalam lagi adalah kehal yang belum paham menjadi paham. Kegigihan adalah suatu sifat dari ketindakan yang secara terus menerus untuk mencapai target atau tujuan yang dikehendaki. Untuk itu demi menghadapi zaman yang modern dengan berbagai segi kehidupan yang sudah mengarah keperkembangan teknologi digital kita perlu gigih belajar, perlu mendapatkan informasi dengan cepat, perlu memahami segala sesuatu dengan sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Generasi muda yaitu generasi yang masih dalam masa mencari jati diri dan usia-usia sekolah tentunya membutuhkan pendampingan dalam hal menghadapi dunia teknologi, jalan satu-satunya adalah menerapkan pembelajaran dan pengajaran dibangku sekolah mereka. Wujud dari pembelajaran dan pengajaran tersebut adalah dengan menerapkan materi pemahaman teknologi dalam struktur kurikulum sekolah. Dengan begitu dimana peserta didik (generasi muda) akan memperoleh bekal pemahaman tentang teknologi dengan berbagai variannya tersebut.

Perlunya pembelajaran tentang teknologi dibangku sekolah merupakan cara atau langkah strategis untuk mengenalkan dan mengarahkan serta membentengi para generasi muda dengan pemahaman agar tidak terbawa arus kehal yang negatif dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Generasi emas bangsa Indonesia diharapkan mampu mengendalikan perkembangan teknologi tersebut dengan pembelajaran yang handal. Indonesia akan menjadi negara yang berteknologi tinggi dengan generasi yang berkarakter baik dan mampu menghadapi tantangan era teknologi digital.
Sedikit tulisan ini semoga membawa manfaat dan pencerahan, jika ada hal yang kurang pas penulis mohon maaf dan akhir dari tulisan saya ini marilah kita mulai menata diri dan selalu belajar dengan gigih agar dapat menapakkan diri dalam kehidupan di era teknologi digital ini.
SALAM TIK !!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates