Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Rabu, 28 Desember 2016

MIMPI GURU TIK DIUJUNG TANDUK

Mimpi menjadi nyata adalah harapan semua orang. Mimpi adalah angan-angan yang membawa bagian alam bawah sadar kita kehal yang tinggi. Suatu hal yang tinggi adalah target dari mimpi. Mimpi kadang tidak bisa dinalar. Mimpi ada yang mengatakan kembang turu (bunga tidur). Adakalanya kesuksesan diawali dari sebuah mimpi. Mimpi menjadi guru adalah hal mulia. Guru menjadi sosok yang digugu dan ditiru, guru adalah gudang ilmu.

Membangun mimpi yang indah dan menggembirakan belum tentu mudah. Menjadi guru juga belum tentu mudah. Mimpi seorang guru tentunya sesuatu yang membawa kegembiraan. Sebut saja guru itu bernama Toad. Guru Toad sungguh frontal, tetapi tidak berani untuk mengungkapkan. Guru Toad hanya suka memendam dalam hati. Guru Toad sering ngobrol pada sederajatnya saja. Guru Toad tidak berani ngobrol dan menyampaikan impian dan gagasannya. Guru Toad kalah dengan keadaan. Guru Toad pengen bisa menjadi guru yang ideal dan dirindukan siswa. Guru Toad mengajar dengan pendekatan filosofi air. Dimana air mengalir mencari titik paling rendah. Mengajar dengan ambisi dan dengan kemauan untuk membuat bisa sesuai yang kita inginkan adalah mustahil. Mengajar targetnya adalah siswa senang dengan apa yang kita ajarkan. Persoalan bisa dan mengerti atau tidak itu adalah hitungan kedua. Guru Toad sering bicara pada siswa "Tidak ada kata gagal karena manusia diciptakan Allah tidak bisa untuk gagal".

Percakapan guru Toad dan siswa :
Siswa : bertanya pada guru Toad, "Pak guru, ini nilai saya jelek banget pas ulangan kemarin, bagaimana ini, saya telah gagal pak?"
Guru Toad : hanya tersenyum sambil berkata "Mas, yang gagal itu bukan kamu, sesungguhnya kamu itu cerdas dan yang gagal adalah ulangan kamu buka kamu".
Siswa : "Maksud pak Toad?"
Guru Toad : "Kamu hanya kurang sedikit lagi belajar, belajarlah lagi pasti kamu akan sukses".
Siswa : "O...ooo" sambil berlari menghampiri temannya dengan kegembiraan

Impian guru Toad adalah menjadi guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diakui. Guru TIK menjadi yang terdepan bukan menjadi pesuruh yang untuk masalah teknologi. Guru TIK dahulu dianggap sebagai guru mata pelajaran tiban (mata pelajaran dadakan). Guru TIK sekarang menjadi guru mata pelajaran mustahil (bimbingan). Banyak siswa menanyakan pada Guru Toad, (1) "Pak Guru masih mengajar?", (2) "Pak Guru sekarang mengajar apa?", (3) "Kalau TIK tidak ada pak guru tidak ngajar lagi dong?", (4) "Pak guru ngajar kelas apa to, kok sekarang gak ngajar kelasku?". Itulah sederetan pertanyaan yang diajuak oleh siswa dimana guru Toad bertugas.

Semua impian guru Toad tersebut sudah diujung tanduk. Mimpi-mimpi yang diharapkan guru Toad seakan sirna. Guru TIK banyak yang mendambakan untuk mengajar lagi di kelas. Guru TIK tidak hanya menunggu siswa mencari untuk mengadakan bimbingan. Guru Bimbingan TIK memenjarakan ide-ide guru TIK untuk membimbing siswa. Akui lagi mata pelajaran TIK dalam kurikulum yang menjadi harapan semua. TIK merupakan pelajaran yang menyenangkan.
Menjadi insan yang terampil dan berakhlak mulia, menguasai ilmu teknologi, berwawasan ilmiah, tekun dan jujur serta sabar dalam segala hal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates