Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Sabtu, 03 Desember 2016

PELATIHAN PEMANFAATAN TIK DAN DIGITAL LITERACY



Bertempat di SMAN 8 Surakarta
Hari Sabtu, 3 Desember 2016
Waktu : 08.00 - 16.00 WIB
Nara Sumber :  Muhamad Hasan Habiebie Staff  Pustekkom Kemdikbud

                        Dr. Jasman Indradno, M.Si. Kepala Pustekkom Prov. Jawa Tengah
                        Bambang S., S.Kom Ketua KOGTIK
                        Wijaya Kusumah (OmJay) Guru dan Penulis


Literasi Digital : Transformasi Pendidikan di Era Cyber

Ki Hadjar Dewantara
"Anakpanak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu" = Ki Hadjar Dewantara

Latar Belakang
-    Revolusi teknologi dan pertumbuhan digital media berdampak pada seluruh unsur kehidupan, di antaranya pada ranah pendidikan
-    Data Internet Worlds Stats, penggunaan internet Asia saat ini mencapai 1,62 miliar jiwa dengan penetrasi 40,2 persen dari total populasi sebesar 4 miliar jiwa
-    Media sosial mempengaruhi cara seseorang mengakses informasi, membentuk pola pikir dan perspektif atas kondisi sosial.
-    Teknologi mempengaruhi sistem pembelajaran. Sistem online memungkinkan pembelajaran mengakses 


Menebar inspirasi, agar anak-anak Indonesia memiliki mimpi. Agar para siswa berani mengejar cita-cita untuk kebaikan negeri.



Technology must be like oxygen : ubiquitous, necessary, and invisible : Chris Lehmanan, Principal of Science Leadership Academy

Indonesia adalah Negara nomer 4 pengguna Internet di Asia setelah Cina, India, Jepang, Indonesia, Bangladesh, Vietnam, Filipina, Korsel, Thailand, Pakistan

TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA CYBER
-   Pemerataan akses teknologi dan media pembelajaran. Tidak hanya di kota-kota besar namun juga di kawasan perbatasan (3T) di Indonesia.
-   Pemerataan infrastruktur untuk memudahkan akses teknologi
-   Teknologi memungkinkan skill dan pengetahuan spesifik. Murid bisa jadi, lebih cepat mengakses informasi.
-   Guru bertindak sebagai moderator, ngemong, dan memberikan cara pandang bagaimana mengakses informasi dan internet sehat.

Digital Literacy : Pendidikan yang menginspirasi
-   Kemampuan memahami informasi, serta memilih, mengevaluasi dan menggunakan informasi secara tepat.
-   Analisa atas "banjir informasi", membedakan sumber yang bisa dipercaya, dengan sumber "hoax".
-   Membentuk perspektif, internet untuk berkarya. Bukan sekedar bermain dan bersenang-senang, namun 
    untuk belajar dan memproduksi karya. 


Kesimpulan
- Literasi Digital, membentuk kemampuan pendidik untuk menyerap sekaligus menyampaikan informasi yang 
   tepat kepada komunitas pembelajar. (bahwa pendidik yang tau tentang IT mohon untuk hati-hati dalam 
   menggunakan dan menyebarkan sesuatu dalam media teknologi, wa, fb twitt dan lainnya)
- Pendidik inspiratif, menggunakan kemampuan literasi digital untuk membangun pendidikan yang humanis, cerdas dan menyerukan perdamaian.
- Literasi Digital membentuk nalar yang konstruktif, bukan mental yang merusak, namun pengetahuan yang 
  menginspirasi.



TIK UNTUK PENDIDIKAN

Sebuah Pendekatan Pembelajaran Abad 21
Dr. Jasman Indradno, M.Si.

Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah

TANTANGAN PENDIDIKAN
- Perubahan tuntutan STAKEHOLDER (Siswa, Masyarakat, Pemerintah, Industri, dll)
- Perkembangan IPTEK (TIK)
- Paradigma baru PEMBELAJARAN (sejak usia dini, kapan saja, di mana saja, dari siapa saja dan dari apa saja) => siswa senang belajar.



  Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21
Ciri-ciri Abad 21

Model Pembelajaran
Informasi
(Kapan & di mana saja)
==>
Pembelajaran diarahkan untuk mendorong peserta didik untuk MENCARI TAHU dari berbagai sumber, BUKAN DIBERI TAHU
Komputasi
(Lebih cepat memakai mesin)
==>
Pembelajaran diarahkan untuk mampu MERUMUSKAN MASALAH (MENANYA), bukan hanya menyelesaikan masalah (menjawab)
Otomasi
(Menjangkau segala pekerjaan rutin)
==>
Pembelajaran diarahkan untuk mampu BERPIKIR ANALITIS (PENGAMBILAN KEPUTUSAN), bukan berpikir mekanistis. (rutin)
Komunikasi
(Dari mana & kemana saja)
==>
Pembelajaran menekankan pentingnya KERJASAMA 7 KOLABORASI dalam menyelesaikan masalah


PENDIDIKAN BERBASIS TIK
Sekolah (school of the future) yang mengintegrasikan TIK secara terpadu untuk meningkatkan proses dan layanan pendidikan di sekolah untuk pembelajaran, manajemen, dan informasi sekolah

Penggunaan TIK di kelas ?
a. belajar tentang TIK?
b. mengajar dengan TIK?
c. belajar dengan TIK?

Menceritakan bukanlah mengajar
Mendengarkan bukanlah belajar
Belajar adalah mengalami
  Mengajar adalah memfasilitasi terjadinya Belajar 



Nama                        :  WIJAYA KUSUMAH

Tempat/Tgl Lahir      :  Jakarta, 28 Oktober 1970
Pendidikan                :  1. S1-Elektro IKIP Jakarta 1990
                                    2. S2-Teknologi Pendidikan UNJ 2007
                                    3. S3-Teknologi Pendidikan 2014
Prestasi                     :  JUARA I LKT Imtak (2005)
                                    Finalis PLB (2006)
                                    Finalis IT (2007)
                                    Finalis LKGDP (2008)
                                    PEMENANG I BUKU PUSBUK (2009)
                                    JUARA I BLOG PUSAT BAHASA (2009)
                                    PEMAKALAH SIMPOSIUM (2010/2011)
                                    JUARA II GURARU ACER AWARD (2011)
                                    Guru Paling Ngeblog Kompasiana (2012)
                                    Terpavorit III BSM Edu Award 2012
                                    Juara II Lomba Piato Nasional OJK (2013)

BLOG ALAT REKAM AJAIB
Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran

Wijaya Kusumah (Omjay)
twitter@wijayalabs
http://wijayalabs.com

SMAN 8 Solo
Sabtu, 3 Desember 2016

3 CARA MENJADI KAYA DI USIA MUDA
1.  Terlahir dari keluarga kaya
2.  Kawin dengan anak orang kaya
3.  Jadilah orang yang kreatif dan berkarakter
KREATIVITAS DAN IMAJINASI

 
Belajar TIK Menyenangkan
SATUKAN TEKAD UNTUK MEMASUKKAN KEMBALI TIK KE DALAM KURIKULUM NASIONAL

4 KEKUATAN MANUASIA
1. PIKIRAN
2. PERKATAAN
3. PERASAAN
4. PERBUATAN
  
Menulislah Setiap Hari dan buktikan Apa yang Terjadi
Menjadi guru Tangguh Berhati Cahaya

http://wijayalabs.blogspot.com
http://wijayalabs.wordpress.com
http://kompasiana.com

Manfaat Blog sbg Media Belajar
1. guru dapat memasukkan semua bahan aja, dan pengalaman mengajar
2. Guru dapat menyiapkan berbagai contoh kehidupan sehari-hari
3. Blog dapat diakses oleh siapapun, tidak hanya siswa di satu sekolah saja
4. Siswa dapat membuka blog kapan saja dan dimana saja
5. Diskusi antar guru-siswa dan siswa-siswa dapat berlangsung kapan saja
6. Siswa dapat merespon tulisan guru atau siswa lain
7. Siswa dapat meluaskan wawasan


Manfaat Blog
1. Media interaktif di luar kelas
2. Media untuk menyimpan file
3. Media curhat bagi siswa
4. Media untuk menulis
5. Mendia untuk mendapatkan informasi
6. Sarana berdiskusi
7. Media berkreativitas
Sumber : http://koesbio.guru-indonesia.net/artikel_detail-17550.html

Materi Blog
-   Blog dapat dibuat oleh siappun dengan sangat mudah dan yang plaing penting blog dapat dibuat dengan gratis
-   Di dalam blog para pengajar maupun pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan dapat memposting materi-materi yang mereka anggap berguna
Berbagai referensi, jurnal, maupun hasil penelitian dapat dengan mudah di download diberbagai blog di seluruh dunia
-   Cukup memanfaatkan search engine, materi-materi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepa
https://budiawanews.wordpress.com/2016/01/30/pemanfaatan-blog-sebagai-media-pembelajaran/

Langkah-langkah Pemanfaatan Blog:
-   Guru menyiapkan bahan ajar di blog sebagai artikel sesuai dengan kategori yagn terdapat di samping 

    kiri/kanan di blog 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates