Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Kamis, 08 Oktober 2020

MENULIS EMPAT BUKU AYO BELAJAR INFORMATIKA

 


        Buku yang telah berhasil membawa namaku keliling Nusantara. Waktu itu mendapat tawaran dari Omjay dan Aki-3 untuk ikut tergabung dalam TIM Penulis buku IG TIK PGRI dan diundang ke SMPN 5 Yogyakarta tergabung dengan penulis untuk jenjang SMP/MTs. Karena termotivasi dengan kata-kata Omjay menulislah agar tidak lekas tua, maka tawaran menulis buku tersebut saya tangkap dengan penuh antusias mewujudkan mimpiku untuk dapat membahanakan nama ke seluruh wilayah Nusantara.

            Dengan diberi batas waktu satu bulan untuk mengawali menulis dan waktu itu diamanahi nulis bab 3 dibawah koordinator Teh Wiwin dari Bekasi. Dengan bermodal semangat mulai memutar otak bagaimana bisa menulis yang bagus. Mencoba lari keluar masuk toko buku yang ada, mulai dari Gramedia terus ke Toga Mas dan juga ke Toko buku yang ada di Solo Grand Mall. Sampai satu minggu belum dapat ide untuk menulis apa dan mencoba untuk mengikuti pelatihan dan workshop menyusun buku dan mendapatkan ilmu bahwa untuk menyusun buku harus tahu kerangkanya terlebih dahulu, mulailah menanyakan kerangkanya apa, ternyata harus disesuaikan dengan KI dan KD juga pengembangan silabus yang sudah dikembangkan, karena yang akan ditulis adalah sebuah buku ajar.

            Mulailah membuat kerangka dan dari situlah dapat merangkak menulis sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran. Akhir batas waktu yang ditentukan sudah berhasil menyelesaikan tulisan dan diundang untuk mempresentasikan tulisan yang sudah diamanahkan tersebut di Wisma UNJ Jakarta. Selama dua hari di Wisma UNJ dikarantina bersama dengan penulis yang lainnya dan dibimbing oleh Omjay dan juga dari penerbit Andi. Pada kesempatan itu juga diundang pakar pendidikan Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA. Oleh beliau-beliau dibimbing tentang bagaimana buku agar dapat memenuhi target yang diharapkan. Akhirnya draf buku tersebut berhasil diselesaikan dan tinggal nambahi soal-soal latihan.

            Dan untuk final, selanjutnya mendapatkan undangan kembali di Kedai Skut Coffe Bekasi pada tanggal 1 Pebruari 2020. Akhirnya buku Ayo Belajar Informatika kelas 8 terselesaikan secara keseluruhan dan siap masuk ke dapur penerbit. Tidak sampai disitu perjuangan, karena ada permasalahan mundurnya beberapa penulis, akhirnya saya diminta untuk membantu menyusun menulis buku tingkat SD yaitu buku Ayo Belajar Informatika kelas 5 dan juga kelas 6. Dengan berbekal pengalaman menyelesaikan buku kelas 8 (Bab 3, 5 dan 6) dan diminta untuk menyusun buku kelas 9 pada waktu itu mendapat tugas amanah BAB 3 dan 5, maka permintaan untuk menyusun buku tingkat SD saya terima dan mendapat tugas amanah Bab 9 pada kelas 5 nya dan kelas 6 SD pada Bab 5 dan 9 dibawah koordinator ibu Siska.

            Akhirnya pada semester gasal tahun ajaran baru 2020/2021 kisaran bulan Juli – Agustus 2020 ke-empat buku Ayo Belajar Informatika yang ada nama Toad Isbani sudah beredar keseluruh pelosok Nusantara. Alhamdulillah merupakan suatu kebanggaan tersendiri, mungkin nama Toad Isbani sudah ada yang sampai di luar Jawa. Tidak hanya menulis buku ajar informatika saja, akan tetapi untuk menorehkan ide-ide yang ada dalam pikiran, saya juga ikut dalam pelatihan-pelatihan menulis dan berhasil ikut menulis pada beberapa buku antologi, baik antologi cerpen, artikel maupun antologi puisi. Semoga cerita ini akan selalu membari semangat pada diri saya pribadi dan mungkin juga dapat bermanfaat untuk orang-orang yang membacanya. Dan bahwa kita hidup haruslah mempunyai mimpi dan berjuang dengan penuh semangat untuk mewujudkan mimpi agar apa yang menjadi mimpi kita dapat kita nikmati di suatu saat kemudian.

 

#Day2AISEIWritingChallenge #100katabercerita #30hariAISEIbercerita #AISEIWritingChallenge #warisanAISEI #pendidikbercerita

10 komentar:

Follow Us @soratemplates