https://www.gurupenggerakindonesia.com/
Kamis, 15 Oktober 2020 | oleh: Toad Isbani
TEKNOLOGI KEKINIAN MENJAMIN PEMBELAJARAN DARING DAN
LURING YANG ASIK, CERIA
DAN MENYENANGKAN
Suatu keniscayaan bahwa pesatnya perkembangan teknologi
banyak mempengaruhi proses pembelajaran dalam dunia pendidikan. Teknologi tidak
akan terpisahkan dalam tatanan kehidupan di berbagai bidang khususnya bidang
pendidikan. Proses pembelajaran akan menjadi asik, ceria bahkan menyenangkan dengan
memanfaatkan teknologi. Teknologi menjanjikan berbagai kemungkinan, mulai dari
membantu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap peserta
didiknya, baik secara daring (dalam jaringan) dalam istilah tren pembelajaran
jarak jauh atau online, maupun
pembelajaran luring (luar jaringan) pembelajaran tatap muka secara langsung
atau offline.
Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan
dengan memanfaatkan teknologi jaringan internet. Pembelajaran daring tidaklah
mungkin dilakukan tanpa menggunakan atau memanfaatkan teknologi. Dengan
pesatnya perkembangan teknologi khususnya internet memungkinkan untuk melakukan
komunikasi, interaksi dan bahkan pertemuan tatap muka secara tidak langsung.
Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang berbasis jaringan internet tentu akan
memudahkan atau membantu dalam proses pembelajaran. Guru akan dengan mudah
melakukan proses pembelajaran menggunakan aplikasi video konferensi agar dapat
berinteraksi dalam jaringan. Apliaksi video konferensi yang sedang tren saat
ini adalah Zoom Cloud, Google Meet,
Webex, Skype dan lainnya. Menggunakan aplikasi video konferensi dalam
pembelajaran, menjadikan pembelajaran seolah dapat bertemu bertatap muka
melalui video. Guru juga dapat
melakukan proses pembelajaran menggunakan aplikasi elearning semisal Google
Classroom atau aplikasi elearning
lainnya yang dibuat tim atau lembaga tertentu.
Pemanfaatan teknologi juga dapat lakukan untuk proses
pembelajaran luring atau tatap muka secara langsung. Pembelajaran berbasis
kelas ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi tentu akan lebih asik,
ceria dan menyenangkan. Aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran tatap
muka secara langsung semisal: pembuatan media pembelajaran digital,
pembelajaran menggunakan aplikasi slide seperti PowerPoint atau aplikasi offline
lainnya. Dalam pembelajaran luring juga dapat menggunakan aplikasi online berbasis game atau permainan
seperti Quizizz ataupun Kahoot! juga Mentimeter. Ketiga aplikasi
berbasis games tersebut dapat digunakan untuk berinteraksi secara online baik digunakan untuk pembelajaran
daring maupun luring. Pemanfaatan aplikasi tersebut tentu akan membuat
pembelajaran baik daring maupun luring akan lebih menarik, asik juga ceria dan
menyenangkan karena peserta didik merasa hanya bermain games dengan pengerjaan
soal-soal yang ditampilkan secara unik dan tidak membosankan.
Aplikasi Quizizz,
Kahoot! dan juga Mentimeter
dirancang khusus dengan seperti permainan yang seperti berkompetisi dalam
pengerjaannya. Peserta didik akan merasakan pembelajaran yang sesuai dengan
gaya dan keinginannya yakni permainan atau bermain. Sedangkan guru akan
mendapatkan kemudahan, membuat wibawa guru yang meningkat karena serba milenial
dan pembelajaran tidak monoton. Interaksipun akan terjalin yakni adanya umpan
balin (feedback) dalam proses
pembelajaran. Juga guru akan nilai dari hasil permainan menggunakan aplikasi
tersebut. Penilaian dapat diambil dari hasil permainan, dapat melakukan
analisis terhadap materi, soal maupun score
dari peserta didik baik yang tinggi maupun rendah. Dari segi peserta didik
ketika mengikuti permainan menggunakan aplikasi tersebut, akan merasa
tertantang dan ketika poin yang diperoleh mencapai poin paling tinggi akan
mendapatkan pujian ataupun penghargaan dari sistem aplikasi tersebut dan juga
tentunya akan lebih terpacu mengikuti pembelajaran.
Kunci dari kesuksesan dalam proses pembelajaran seorang
guru adalah mampu memanfaatkan teknologi dan berinovasi dengan adanya
perkembangan teknologi. Guru yang kreatif dan mampu memanfaatkan peluang dengan
perkembangan teknologi, tentu akan menjadikan proses pembelajaran yang
dilakukannya akan menyenangkan. Kreatifitas dan inovasi apa yang dapat dibangun
oleh seorang guru dalam memanfaatkan teknologi agar proses pembelajaran menjadi
menyenangkan, diantaranya:
1. Semisal pembelajaran yang semula hanya
mendengarkan tanpa melihat secara nyata, dengan memanfaatkan teknologi dapat
dibuat suatu video yang menggambarkan kenyataan suatu peristiwa dan kemudian
dipertontonkan video tersebut pastilah peserta didik akan merasakan seolah
mengalami dan melihat secara langsung nyatanya. Contohnya jika dibuat tentang
video gurung berapi yang meletus, tentu peserta didik akan lebih asik dan ceria
juga senang menonton video tersebut dari pada hanya mendengarkan cerita atau
ceramah dari guru saja.
2. Pada waktu melakukan ujian, semisal guru mengadakan
ulangan dengan manual, tidak memanfaatkan teknologi tentu akan merasa sulit
dibandingkan peserta didik hanya sekedar klik atau pencet pada laptop atau smartphone mereka. Menggunakan aplikasi Kahoot! misalnya, soal ditampilkan pada
layar lebar (LCD Infokus/proyektor) dan peserta didik menggunakan smartphone/laptop yang dimiliki dan
terkoneksi dengan jaringan internet hanya tinggal mencet simbol atau pilihan
jawabannya saja. Terbayang pastilah betapa sangat menyenangkan model tes ujian
seperti itu.
3. Dengan pembelajaran jarak jauh, guru
berinovasi menggunakan aplikasi Padlet (aplikasi papan digital),
guru dapat berinteraksi menggunakan padlet tersebut dan peserta didik dapat
menuliskan langsung pada papan digital yang telah dibuat oleh guru. Semisal
guru menuliskan materi pada papan digital tersebut, dan dikirimkan ke peserta
didik link tautannya, maka peserta didik akan dapat secara langsung melihat dan
menanggapinya pada papan yang sama dan dapat dilihat oleh peserta didik yang
lainnya. Guru juga bisa berinteraksi dengan memberikan soal untuk dijawab dan
selanjutnya peserta didik dapat menjawab langsung pada papan Padlet tersebut.
Peran teknologi terkini dapat menjadikan pembelajaran daring dan luring semakin menyenangkan apabila guru dapat memanfaatkannya dan berinovasi dengan selalu belajar dan kreatif. Guru yang mampu memanfaatkan teknologi terkini akan mampu membuat proses pembelajaran semakin asik, ceria dan menyenangkan.
#PGRI #KOGTIK #EPSON #KSGN
Semoga guru yang mampu memanfaatkan teknologi terkini akan mampu membuat proses pembelajaran semakin asik, ceria dan menyenangkan.
BalasHapusAamiin. Tunggu juga kelahiran buku saya bersama prof. Eko Indrajit ya Pak. Pasti akan lebih asik, ceria dan menyenangkan
HapusAsik, ceria, menyenangkan membaca tulisan Bapak Toad...
BalasHapusMari berteknologi!
siap. mari pak, saya juga masih belajar ini. Tunggu juga kelahiran buku saya bersama prof. Eko Indrajit ya Pak. Pasti akan lebih asik, ceria dan menyenangkan
HapusBagus, pak. Semangat berteknologi
BalasHapussiap. Terimakasih motivasinya. Tunggu juga kelahiran buku saya bersama prof. Eko Indrajit ya Pak. Pasti akan lebih asik, ceria dan menyenangkan
Hapus