Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Jumat, 16 Oktober 2020

Teknologi Kekinian Menjamin Pembelajaran Daring Dan Luring Yang Asik, Ceria Dan Menyenangkan

 

 https://www.gurupenggerakindonesia.com/

Kamis, 15 Oktober 2020 | oleh: Toad Isbani

TEKNOLOGI KEKINIAN MENJAMIN PEMBELAJARAN DARING DAN
LURING YANG ASIK, CERIA DAN MENYENANGKAN

 

Suatu keniscayaan bahwa pesatnya perkembangan teknologi banyak mempengaruhi proses pembelajaran dalam dunia pendidikan. Teknologi tidak akan terpisahkan dalam tatanan kehidupan di berbagai bidang khususnya bidang pendidikan. Proses pembelajaran akan menjadi asik, ceria bahkan menyenangkan dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi menjanjikan berbagai kemungkinan, mulai dari membantu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didiknya, baik secara daring (dalam jaringan) dalam istilah tren pembelajaran jarak jauh atau online, maupun pembelajaran luring (luar jaringan) pembelajaran tatap muka secara langsung atau offline.

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi jaringan internet. Pembelajaran daring tidaklah mungkin dilakukan tanpa menggunakan atau memanfaatkan teknologi. Dengan pesatnya perkembangan teknologi khususnya internet memungkinkan untuk melakukan komunikasi, interaksi dan bahkan pertemuan tatap muka secara tidak langsung. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang berbasis jaringan internet tentu akan memudahkan atau membantu dalam proses pembelajaran. Guru akan dengan mudah melakukan proses pembelajaran menggunakan aplikasi video konferensi agar dapat berinteraksi dalam jaringan. Apliaksi video konferensi yang sedang tren saat ini adalah Zoom Cloud, Google Meet, Webex, Skype dan lainnya. Menggunakan aplikasi video konferensi dalam pembelajaran, menjadikan pembelajaran seolah dapat bertemu bertatap muka melalui video. Guru juga dapat melakukan proses pembelajaran menggunakan aplikasi elearning semisal Google Classroom atau aplikasi elearning lainnya yang dibuat tim atau lembaga tertentu.

Pemanfaatan teknologi juga dapat lakukan untuk proses pembelajaran luring atau tatap muka secara langsung. Pembelajaran berbasis kelas ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi tentu akan lebih asik, ceria dan menyenangkan. Aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran tatap muka secara langsung semisal: pembuatan media pembelajaran digital, pembelajaran menggunakan aplikasi slide seperti PowerPoint atau aplikasi offline lainnya. Dalam pembelajaran luring juga dapat menggunakan aplikasi online berbasis game atau permainan seperti Quizizz ataupun Kahoot! juga Mentimeter. Ketiga aplikasi berbasis games tersebut dapat digunakan untuk berinteraksi secara online baik digunakan untuk pembelajaran daring maupun luring. Pemanfaatan aplikasi tersebut tentu akan membuat pembelajaran baik daring maupun luring akan lebih menarik, asik juga ceria dan menyenangkan karena peserta didik merasa hanya bermain games dengan pengerjaan soal-soal yang ditampilkan secara unik dan tidak membosankan.

Aplikasi Quizizz, Kahoot! dan juga Mentimeter dirancang khusus dengan seperti permainan yang seperti berkompetisi dalam pengerjaannya. Peserta didik akan merasakan pembelajaran yang sesuai dengan gaya dan keinginannya yakni permainan atau bermain. Sedangkan guru akan mendapatkan kemudahan, membuat wibawa guru yang meningkat karena serba milenial dan pembelajaran tidak monoton. Interaksipun akan terjalin yakni adanya umpan balin (feedback) dalam proses pembelajaran. Juga guru akan nilai dari hasil permainan menggunakan aplikasi tersebut. Penilaian dapat diambil dari hasil permainan, dapat melakukan analisis terhadap materi, soal maupun score dari peserta didik baik yang tinggi maupun rendah. Dari segi peserta didik ketika mengikuti permainan menggunakan aplikasi tersebut, akan merasa tertantang dan ketika poin yang diperoleh mencapai poin paling tinggi akan mendapatkan pujian ataupun penghargaan dari sistem aplikasi tersebut dan juga tentunya akan lebih terpacu mengikuti pembelajaran.

Kunci dari kesuksesan dalam proses pembelajaran seorang guru adalah mampu memanfaatkan teknologi dan berinovasi dengan adanya perkembangan teknologi. Guru yang kreatif dan mampu memanfaatkan peluang dengan perkembangan teknologi, tentu akan menjadikan proses pembelajaran yang dilakukannya akan menyenangkan. Kreatifitas dan inovasi apa yang dapat dibangun oleh seorang guru dalam memanfaatkan teknologi agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan, diantaranya:

1.   Semisal pembelajaran yang semula hanya mendengarkan tanpa melihat secara nyata, dengan memanfaatkan teknologi dapat dibuat suatu video yang menggambarkan kenyataan suatu peristiwa dan kemudian dipertontonkan video tersebut pastilah peserta didik akan merasakan seolah mengalami dan melihat secara langsung nyatanya. Contohnya jika dibuat tentang video gurung berapi yang meletus, tentu peserta didik akan lebih asik dan ceria juga senang menonton video tersebut dari pada hanya mendengarkan cerita atau ceramah dari guru saja.

2.  Pada waktu melakukan ujian, semisal guru mengadakan ulangan dengan manual, tidak memanfaatkan teknologi tentu akan merasa sulit dibandingkan peserta didik hanya sekedar klik atau pencet pada laptop atau smartphone mereka. Menggunakan aplikasi Kahoot! misalnya, soal ditampilkan pada layar lebar (LCD Infokus/proyektor) dan peserta didik menggunakan smartphone/laptop yang dimiliki dan terkoneksi dengan jaringan internet hanya tinggal mencet simbol atau pilihan jawabannya saja. Terbayang pastilah betapa sangat menyenangkan model tes ujian seperti itu.

3.  Dengan pembelajaran jarak jauh, guru berinovasi menggunakan aplikasi Padlet (aplikasi papan digital), guru dapat berinteraksi menggunakan padlet tersebut dan peserta didik dapat menuliskan langsung pada papan digital yang telah dibuat oleh guru. Semisal guru menuliskan materi pada papan digital tersebut, dan dikirimkan ke peserta didik link tautannya, maka peserta didik akan dapat secara langsung melihat dan menanggapinya pada papan yang sama dan dapat dilihat oleh peserta didik yang lainnya. Guru juga bisa berinteraksi dengan memberikan soal untuk dijawab dan selanjutnya peserta didik dapat menjawab langsung pada papan Padlet tersebut.

   Peran teknologi terkini dapat menjadikan pembelajaran daring dan luring semakin menyenangkan apabila guru dapat memanfaatkannya dan berinovasi dengan selalu belajar dan kreatif. Guru yang mampu memanfaatkan teknologi terkini akan mampu membuat proses pembelajaran semakin asik, ceria dan menyenangkan.

#PGRI #KOGTIK #EPSON #KSGN

6 komentar:

  1. Semoga guru yang mampu memanfaatkan teknologi terkini akan mampu membuat proses pembelajaran semakin asik, ceria dan menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Tunggu juga kelahiran buku saya bersama prof. Eko Indrajit ya Pak. Pasti akan lebih asik, ceria dan menyenangkan

      Hapus
  2. Asik, ceria, menyenangkan membaca tulisan Bapak Toad...
    Mari berteknologi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap. mari pak, saya juga masih belajar ini. Tunggu juga kelahiran buku saya bersama prof. Eko Indrajit ya Pak. Pasti akan lebih asik, ceria dan menyenangkan

      Hapus
  3. Balasan
    1. siap. Terimakasih motivasinya. Tunggu juga kelahiran buku saya bersama prof. Eko Indrajit ya Pak. Pasti akan lebih asik, ceria dan menyenangkan

      Hapus

Follow Us @soratemplates