Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Selasa, 27 Oktober 2020

Percaya Diri Kunci Sukses Segala Aktivitas


 Selasa, 27 Oktober 2020 | oleh: Toad Isbani

Tampil di depan publik terkadang juga masih minder, walau sudah puluhan tahun menjadi seorang pendidik (Guru). Publik atau kalayak pastilah tidak sama dengan peserta didik (siswa). Oleh karena itu terkadang untuk tampil di depan seperti menghadapi ribuan musuh yang siap menghujat, memprotes bahkan mencibir.

Bisa berbicara di balik layar gampang, bisa mendidik dan mengajar peserta didik lumrah. Kenapa? Ya karena bicara di balik layar tentu kita tidak akan terlihat oleh kalayak, sedang mengajar di depan peserta didik ya karena kita lebih dari mereka, jadi jarang sekali minder dan grogi  karena sudah punya kuncinya yakni percaya diri.

Ketika kita sudah mempunyai kepercayaan diri yang kuat untuk menyampaikan suatu hal, pastilah kita sudah belajar, kita sudah mempunyai kemampuan bahan atau materi yang akan kita sampaikan tentu akan terbangun kepercayaan diri yang kuat. Oleh karena itu, marilah kita selalu belajar, suka membaca dan selalu menulis apa yang menjadi ilmu baru kita, maka ilmu itu akan melekat pada diri kita. Kalau kita mempunyai banyak pengetahuan dan pengalaman tentu minder dan grogi akan bisa kita tepis dengan kepercayaan diri karena mempunyai ilmu.

Sejalan dengan itu semua ketika tampil di depan kalayak atau publik, ya bisa santai dan dapat mengendalikan situasi yang ada, bahkan bisa juga menjadikan suasa yang menarik dan menyenangkan juga ceria. Kita tiru para motivator yang dengan semangat mengajak untuk dapat menjadi seperti mereka.

Guru haruslah selalu membaca, guru haruslah menulis. Membaca postingangan orang lain kemudian menuliskan komentar yang membangun tentu menjadikan kita tidak tumpul. Ayo semangat membaca dan menulis agar percaya diri ketika berdiri di depan kalayak. Terima kasih dan Salam Literasi.

#Day21AISEIWritingChallenge #100katabercerita #30hariAISEIbercerita

13 komentar:

  1. Salam literasi.. Bnar adanya pak.kdng tampil d dpn kalayak kt msh minder..terimksih pencerahannya..

    BalasHapus
  2. Mantap Mas Toad, setuju, bicara depan publik berbeda dengan saat mengajar... Menjadi tantangan tersediri. Hebat Mas Toad terus maju dan berkembang! Terimakasih sudah berbagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap. trimakasih, jadinya maskin semangat ini dapat komen dari mbak Dea

      Hapus
  3. Terimakasih motivasinya..sy termasuk yg gak PD klo bicara depan umum pak

    BalasHapus
  4. Kalau sudah ada persiapan pasti bisa PD bu, belajar dengan pak Fathur

    BalasHapus
  5. Salam literasi Pak Toad. Tampil di depan publik yang kelasnya lebih tinggi dari kita merupakan kesempatan emas dan prestasi yang luar biasa. Benar sekali Pak Toad, rasa minder akan hilang jika kita menguasai materi yang kita sampaikan. Sukses selalu njih Pak Toad.

    BalasHapus

Follow Us @soratemplates