Sumber:
workshop HGN dan HUT PGRI 2020 Prov. Bali, Selasa 24/11/20
Minggu, 29 November 2020 | Toad Isbani
Prof. Dr. Awaluddin Tjalla (Dosen Pasca
Sarjana UNJ) menyampaikan pada workshop webinar dalam rangka
HGN Tahun 2020 dan HUT PGRI ke-75 yang diselenggarakan oleh PGRI Provinsi Bali,
hari ketiga sesi-2 Selasa 24 November 2020, bahwa menurut Rese Programme In Indonesia,
memperlihatkan anak-anak kita di sekolah itu tidak belajar dan hanya sedikit sekali peningkatan kompetensi
murid antar jenjang kelas, Capaian belajar antara tahun 2000-2014 Cenderung
menurun.
Poin
Penting Skor PISA 2018 cenderung menurun,
yakni terungkap Skor PISA Indonesia sempat naik tetapi masuk pada tren
mengalami penurunan, Tren ini terkonfirmasi oleh hasil UN 5 tahun terakhir.
Murid
usia 15 tahun yang mencapai kompetensi literasi minimal: 30% pada membaca, 29%
pada matematika, 40% pada sains. Artinya : kebanyakan murid hanya bisa
membaca bacaan sederhana, tanpa bisa memahami makna.
Urusan
Utama dan terpenting dalam Pendidikan adalah Pembelajaran Siswa
Kebijakan
Belajar dari Rumah (BDR) dengan regulasi agar terlaksana dengan baik pembelajan
siswa dalam peningkatan kompetensi. Kebijakan tersebut, yakni:
1) Surat
Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan
dalam masa Darurat Penyebaran Covid-19
-
Pembelajaran yang bermakna tanpa terbebani capaian kurikulum
- Fokus
pada pendidikan kecakapan hidup, khususnya terkait covid-19
-
Aktivitas belajar bervariasi sesuai minta dan kondisi siswa
- umpan
balik bersifat kualitatif
2) Permendikbud No. 19/2020 tentang perubahan atas Permendikbud No. 8/2020 tentang
Juknis BOS
- Dana BOS dapat digunakan untuk pembelian pulsa, paket data dan layanan pendidikan daring
3) Surat
Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud No. 15/2020 tentang Pedoman
Penyelenggaraan BDR dalam masa Darurat Penyebaran Covid-19
4) Program “Belajar dari Rumah” di TVRI
PENGEMBANGAN
KOMPETENSI GURU DI MASA PANDEMI COVID-19:
1.
Peran
Pemerintah Propinsi, Kab.Kota
2.
Mengoptimalkan
Peran Asosiasi Profesi
3.
Peran
MGMP/MGBK
4. Profesionalisme, komitmen dan integritas pada guru pada situasi Covid-19
Tidak ada komentar:
Posting Komentar