Jum'at, 27 November 2020 |
Toad Isbani
Prof.
Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., M.Phil., MA menyampaikan paparannya
tentang UNISCO ICT COMPETENCY FRAMEWORK
FOR TEACHERS pada Workshop Webinar Series PGRI Provinsi Bali pada hari ke-2
Senin 23 November 2020 sesi-1, yang diawali dengan pengertian pendidikan dan
belajar, menurut beliau yakni:
Pendidikan dalam sebuah definisi adalah usaha sadar
dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan,
akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa
dan negara.
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik
dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar
Pendidik : guru, dosen, orangtua, adik, kerabat,
siswa, tokok-tokoh, masyarakat, dan
semua manusia berpotensi menjadi guru
Sumber
belajar : Buku,
pendidik, diktat, jurnal, internet, alam
Lingkungan
belajar: ruang kelas,
sekkolah, keluarga internet,
Tugas
guru adalah bagaimana
cara membuat peserta didik bisa ketagihan belajar mandiri, disuruh atau tidak
disuruh maka peserta didik akan belajar dengan sendiri.
“Pengembangan
Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19”,
“Merdeka
Belajar, Belajar adalah hak asasi manusia yang sudah melekat padanya semenjak lahir. Tidak ada
yang bisa membatasi dan menghalangi keinginan seseorang untuk belajar dengan
cara dan keinginannya”.
2008
sudah muncul pedoman dari UNISCO ICT COMPETENCY FRAMEWORK FOR TEACHERS
First
published in 2008 in three booklets :
1.
KERANGANGKA
DUNIA (FILOSOFINYA)
2.
MODUL-MODUL
YANG DIBUTUHKAN
3.
PANDUAN
IMPLEMENTASI
Oleh
karena itu:
1. Kita
sebagai guru harus mampu menanamkan kepada peserta didik untuk bagaimana
menggunakan teknologi untuk belajar. =>Technology Literacy, jika ini
berhasil
2. Mendalami
pengetahuan dan keterampilan secara mandiri karena sudah mampu melakukan
techonology Literacy
3. Memiliki
kemampuan teknologi literasi, dengan teknologi literasi akan mampu mendalami
pengetahuan dan keterampilannya, maka akan mampu menciptakan, atau berkreasi
sesuai pengetahuannya sesuai usianya
Guru harus mempunyai 6 kompetensi:
1. Understanding
ict in education Guru harus mempunyai pemahaman yang utuh tentang dimana posisi
IT dalam pendidikan.
2. Curriculum
and assesment : bahwa membuat kurikulum dan asesment adalah tugas guru (harus
mampu membuat kurikulum dan assessment)
3. Pedagogy,
pendekatan pedagogi waktu dahulu adalah model mengajar, sekarang sekarang
diinternet sudah banyak dan jauh lengkap dari pada guru pengajarnya
4. ICT,
semua harus belajar dan bisa ICT
5. Organization and administration
6. Teacher profesional learning
6 kompetensi guru, mantap Bapak👍
BalasHapussemoga menginspirasi bu.
Hapus