Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Jumat, 27 November 2020

Materi: UNISCO ICT COMPETENCY FRAMEWORK FOR TEACHERS oleh Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., M.Phil., MA

Sumber: workshop HGN dan HUT PGRI 2020 Prov. Bali Senin, 23/11/20 

Jum'at, 27 November 2020 | Toad Isbani

Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., M.Phil., MA menyampaikan paparannya tentang UNISCO ICT COMPETENCY FRAMEWORK FOR TEACHERS pada Workshop Webinar Series PGRI Provinsi Bali pada hari ke-2 Senin 23 November 2020 sesi-1, yang diawali dengan pengertian pendidikan dan belajar, menurut beliau yakni:

Pendidikan dalam sebuah definisi adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar

Pendidik : guru, dosen, orangtua, adik, kerabat, siswa,  tokok-tokoh, masyarakat, dan semua manusia berpotensi menjadi guru

Sumber belajar : Buku, pendidik,  diktat, jurnal, internet, alam

Lingkungan belajar: ruang kelas, sekkolah, keluarga internet,

Tugas guru adalah bagaimana cara membuat peserta didik bisa ketagihan belajar mandiri, disuruh atau tidak disuruh maka peserta didik akan belajar dengan sendiri.

“Pengembangan Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19”,

“Merdeka Belajar, Belajar adalah hak asasi manusia yang sudah  melekat padanya semenjak lahir. Tidak ada yang bisa membatasi dan menghalangi keinginan seseorang untuk belajar dengan cara dan keinginannya”.

2008 sudah muncul pedoman dari UNISCO ICT COMPETENCY FRAMEWORK FOR TEACHERS

First published in 2008 in three booklets :

1.    KERANGANGKA DUNIA (FILOSOFINYA)

2.    MODUL-MODUL YANG DIBUTUHKAN

3.    PANDUAN IMPLEMENTASI

Oleh karena itu:

1. Kita sebagai guru harus mampu menanamkan kepada peserta didik untuk bagaimana menggunakan teknologi untuk belajar. =>Technology Literacy, jika ini berhasil

2. Mendalami pengetahuan dan keterampilan secara mandiri karena sudah mampu melakukan techonology Literacy

3. Memiliki kemampuan teknologi literasi, dengan teknologi literasi akan mampu mendalami pengetahuan dan keterampilannya, maka akan mampu menciptakan, atau berkreasi sesuai pengetahuannya sesuai usianya

Guru harus mempunyai 6 kompetensi:

1.   Understanding ict in education Guru harus mempunyai pemahaman yang utuh tentang dimana posisi IT dalam pendidikan.

2. Curriculum and assesment : bahwa membuat kurikulum dan asesment adalah tugas guru (harus mampu membuat kurikulum dan assessment)

3.   Pedagogy, pendekatan pedagogi waktu dahulu adalah model mengajar, sekarang sekarang diinternet sudah banyak dan jauh lengkap dari pada guru pengajarnya

4.   ICT, semua harus belajar dan bisa ICT

5.   Organization and administration

6.  Teacher profesional learning


#Day23NovAISEIWritingChallenge

2 komentar:

Follow Us @soratemplates