Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Rabu, 11 November 2020

Pendidikan Karakter Melalui Peringatan Hari Besar Agama

Rabu, 11 November 2020 | oleh: Toad Isbani

Memperingati hari besar suatu agama merupakan suatu pendidikan dan juga termasuk dalam proses pembelajaran. Begitu pula acara kegiatan pengajian untuk memperingati Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW yang merupakan satu peringatan hari besar agama Islam.

Peringatan Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW pada tahun 2020 ini jatuh pada hari Minggu, 22 Maret 2020 yang karena pada saat itu adanya KLB (Kejadian Luar Biasa) sedang mewabahnya virus covid-19, sehingga pelaksanaan peringatan hari besar tersebut tidaklah seperti pada tahun sebelumnya. Di mana peringatan hari besar tersebut pada tahun 2019 di MTsN Surakarta I diselenggarakan atas kerjasama OSIS dengan seksi agama MTsN Surakarta I. Pada tahun itu pelaksanaannya dilaksanakan di halaman Madrasah pagi hari, pada hari Jum’at dan dihadiri oleh seluruh peserta didik dan pendidik MTsN Surakarta I.

Sumber: dokumen file foto pribadi

Peringatan hari besar merupakan bagian dari proses pembelajaran dan juga merupakan pendidikan karakter salah satunya. Kegiatan tersebut dimaksud untuk mengenalkan peserta didik pada peristiwa keagamaan dan penanaman akidah.

Ajaran yang dapat dipetik dari memperingati Isra’ Mi’raj adalah seperti makna dan diartikan sebagai dinaikkannya Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa menuju ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (suatu tempat ghaib yang tidak mungkin ditangkap oleh pancaindra) untuk menerima wahyu tentang perintah untuk sholat lima waktu dalam sehariHikmah dan karakter yang bisa diambil dari sejarah Isra Miraj adalah : Orang yang sukses harus menempuh perjuangan yang keras dan ulet juga harus dilandasi dengan menjalankan ajaran agama. 

#Day8NovAISEIWritingChallenge 

3 komentar:

Follow Us @soratemplates