Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Kamis, 19 November 2020

Surat Tugas dari AISEI Mempertemukan Guru dengan Gurunya

Kamis, 19 November 2020 | oleh: Toad Isbani

Setiap hari tak terlewatkan selalu mencoba untuk membuka WhatsApp, waktu itu tepatnya hari Senin 16 November 2020 pukul 20:28 WIB saya mendapat pesan suara dari Bp. Tri Budiharjo (pengurus dan pejuang KOGTIK) waktu masih aktif sebagai guru di SMPN 22 Surakarta. Pesan suara itu tentang penugasan untuk hadir mewakil KOGTIK (Komunitas Guru TIK) Solo Raya pada kegiatan Seminar dengan tema “Dukungan Organisasi Profesi Guru bagi Peningkatan Profesionalisme Guru” hari Kamis, 19 November 2020 di Swiss-Bell Hotel Solo. Jl. A. Yani, Gilingan Kec. Banjarsari Kota Surakarta Jawa Tengah 57134. Selang beberapa waktu sekitar pukul 21:34 WIB, Om Jay juga mengirim pesan bahwa ada undangan untuk menghadiri kegiatan seminar itu, dan terlampir surat udangan dan juga kontak narahubung. Saya sempat menolak karena kesibukan di kantor yang sedang melaksanakan Uji Coba Tahap I Kelompok 2 Pertemuan Tatap Muka dan juga bersamaan dengan acara lain pada hari Selasa dan Rabu, yang tidak memungkinkan untuk mengikuti acara tersebut karena mepetnya persiapan untuk syarat mengikuti kegiatan tersebut. Dan beberapa menit kemudian mendapat pesan dari Om Jay, bahwa pak Bambang S., Ketua KOGTIK sudah menugaskan Bu Endang Wuryanti dan bersedia untuk hadir.

Pada hari Rabu, 18 November 2020, mendapat pesan dari bu Ismi untuk ikutan hadir seminar tersebut sebagai anggota dari AISEI (Association for International School Educators Indonesia) dengan Founder Dr. Capri Anjaya, S.Pd., M.Hum. Awalnya bingung, tetapi setelah dipikir akhirnya memutuskan untuk bersedia hadir menjawab ajakan dan penugasan dari AISEI.


Ternyata penugasan dari AISEI yang diawali ajakan dari bu Ismi, adalah suatu takdir yang mempertemukan guru saya waktu masih duduk di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu beliau Bapak Tri Widodo (guru kesenian saya waktu SMP). Tidak hanya itu, penugasan untuk menghadiri kegiatan seminar itu juga mempertemukan saya dengan teman kuliah saya yang sekaligus teman guru saya yakni Mas Sutrisno. Ternyata kegiatan seminar ini tidak hanya menjalin silaturrahmi, tambah wawasan dan keilmuan juga ketemu dengan orang-orang hebat yang berprofesi sebagai guru di wilayah Solo/Jogja. Terimakasih Om Jay, Aki 3 (KOGTIK), terimakasih juga Bu Capri, Bu Ismi juga AISEI.

Kegiatan seminar yang di moderatori oleh Dr. Capri Anjaya, S.Pd., M.Pd dengan Paparan materi yang disampaikan oleh para Narasumber, yang pertama adalah:

Bapak Dr. Praptono, dengan materi di antaranya tentang Kebijakan Kemendikbud Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru, yakni: 5 strategi pembelajaran holistik Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, 1) Transformasi kepemimpinan sekolah, 2) Transformasi pendidikan dan pelatihan guru, 3) Mengajar sesuai tingkat kemampuan siswa, 4) Standar penilaian global, 5) Kemitraan daerah dan masyarakat sipil. Selanjutnya adalah tentang merdeka belajar yang disampaikan untuk pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia dengan memberikan pengaruh dan dukungan sepenuhnya. Materi berikutnya pada kegiatan seminar klik di sini

#Day16NovAISEIWritingChallenge 

3 komentar:

Follow Us @soratemplates