Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Minggu, 15 November 2020

Pramuka Pembelajaran Mandiri untuk Peserta Didik

Minggu, 15 November 2020 | oleh: Toad Isbani 

Pramuka merupakan pembelajaran untuk menanamkan kemandirian pada peserta didik, di mana salah satu dari kegiatan pramuka adalah kegiatan kemah bakti. Pada MTsN Surakarta I, pramuka merupakan kegiatan yang diagendakan pada setiap tahun pelajaran dan juga merupakan pembelajaran wajib pada struktur kurikulum-13 untuk kelas 7 jenjang SMP/MTs. Kegiatan pramuka yang ditutup dengan kegiatan kemah bakti biasanya dilaksanakan sebagai wujud bakti sosial (baksos) untuk peserta didik kelas 7 di lingkungan masyarakat.

Pada foto di atas, kegiatan peserta pramuka dalam kemah bakti di lapangan desa Argoyoso sedang melaksanakan olah raga bersama, sebelum melaksanakan serangkaian kegiatan kemah bakti yang diagendakan dan susun oleh panitia kemah bakti MTsN Surakarta I pada waktu itu.

Kegiatan Kemah bakti ini biasanya dilaksanakan di lapangan lingkungan wilayah masyarakat pada pedesaan, selain juga mengadakan kegiatan bakti sosial juga ada kegiatan untuk melatih keuletan dan kegigihan dalam bermasyarakat. Menanamkan jiwa saling gotong-royong, selain itu juga adanya kebersamaan antar sesama. Bahkan juga melakukan kegiatan olah raga dan mengolahragakan masyarakat.

Setiap pagi dilaksanakan olah raga bersama, dimaksudkan agar selain sehat jasmani juga menumbuhkan semangat pada peserta kemah bakti. Banyak pembelajaran yang tentunya didapatkan dan dilaksanakan pada kegiatan tersebut. Untuk tahun 2020 ini, kegaitan semua dilaksanakan secara virtual dan banyak pembelajaran dari kemah bakti yang ditunda (tidak terlaksana). Semoga Corona lekas berlalu dan pembelajaran akan berjalan secara normal kembali. Aamiin.

#Day12NovAISEIWritingChallenge 

8 komentar:

Follow Us @soratemplates