Sumber: Seminar Dukungan Organisasi Profesi Guru bagi Peningkatan Profesionalisme Guru
5 strategi pembelajaran holistik Kementerian pendidikan
dan Kebudayaan, yakni: 1) Transformasi kepemimpinan sekolah, 2)
Transformasi pendidikan dan pelatihan guru, 3) Mengajar sesuai tingkat
kemampuan siswa, 4) Standar penilaian global, 5) Kemitraan daerah dan masyarakat
sipil. Selanjutnya adalah tentang merdeka belajar yang disampaikan untuk
pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia dengan memberikan pengaruh
dan dukungan sepenuhnya.
Kerangka Utama Transformasi GTK:
1. Tujuan
Kemendikbud adalah “Murid” merupakan profil Pelajar Pancasila
2. Strategi
Utama Kemendikbud adalah menjadikan sekolah penggerak (wadah) dalam mewujudkan
tujuan tersebut
3. Program-program
Utama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan untuk mewujudkan
tujuannya di antaranya: a) Transformasi Kepemimpinan Pendidikan; b)
Transformasi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan; c) Pengembangan
ekosisitem belajar guru di setiap propinsi; d) Pemberdayaan pendidikan
(gotong-royong); dan e) Revisi regulasi dan tata kelola Sumber Daya Manusia
(SDM) GTK.
4. Program terkaitnya adalah kebijakan, teknologi, asesmen dan
kurikulumModel Kompetensi Kepala Sekolah:
reklasifikasi dan peringkasan 33 aspek kompetensi yang yang selama ini telah digunakan dalam permendiknas no. 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, adalah:
Kategori Mengembangkan diri dan orang lain:
1. Menunjukkan kebiasaan untuk pengembangan diri secara mandiri (self regulated learning)
2. Mengembangkan kompetensi warga sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar murid (facilitoring, coaching, mentoring)
3. Berpartisipasi aktif dalam organisasi profesi kepemimpinan sekolah dan komunias lain untuk pengembangan karier
4. Menunjukkan kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik (integrity)
Kategori Memimpin Pembelajaran:
1. memimpin upaya membangun lingkungan belajar yang berpusat pada murid
2. memimpin perencanaan dan pelaksanaan proses belajar yang berpusat pada murid
3. memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid
4. melibatkan orangtua sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah
Kategori Memimpin Manajemen Sekolah:
1. memimpin upaya mewujudkan visi sekolah menjadi budaya belajar yang berpihak pada murid
2. memimpin dan mengelola program sekolah yang berdampak pada murid
Kategori Memimpin Pengembangan Sekolah:
1. memimpin pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas sekitar sekolah
2. melibatkan orangtua dan komunitas dalam pembiayaan dan pengembangan sekolah
Model Kompetensi Guru
1. Penguasaan Pengetahuan Profesional
- menganalisis struktur dan alur pengetahuan untuk pembelajaran
- menjabarkan tahap penguasaan kompetensi murid
- menetapkan tujuan belajar sesuai kurikulum, perkembangan murid dan profil pelajar
Indonesia
2. Praktik Pembelajaran Profesional
- mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman
dan nyaman
- mendesain, memandu dan merefleksikan proses belajar mengajar yang efektif
- melakukan asesmen, menyediakan umpan balik dan laporan belajar
- melibatkan orangtua murid dan komunitas dalam proses belajar
3. Pengembangan Profesi Berkelanjutan
- menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri
(self regulated learning)
- menunjukkkan kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode
etik
- menunjukkan praktik dan kebiasaan bekerja yang berorientasi pada anak (working
with children)
- melakukan gotong-royong pengembangan bersama dan bagi orang lain untuk
menumbuhkan nilai-nilai Pancasila (developing others)
- mengembangkan karier melalui partisipasi aktif dalam organisasi profesi guru
mantap membuat resumenya...
BalasHapusMantul Pak....
BalasHapusMantap Pak Toad
BalasHapusterimakasih resumenya
BalasHapusResumenya mnteb.. pak.. Mksiih..
BalasHapus