Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Kamis, 11 Februari 2021

Guru Peneliti dan Pengurai Permasalahan

Kamis, 11 Februari 2021 | oleh: Toad Isbani, S.Kom

 

Peneliti adalah seseorang yang melakukan aktivitas atau tugas melakukan pengamatan, penelitian dengan maksud untuk pembahasan, evaluasi atau pengembangan suatu program atau permasalahan. Peneliti juga bertugas mendeskripsikan, mencari, memberikan, memproyeksikan data atau peristiwa yang terkait suatu hal atau permasalahan. Penelitian yang dilakukan oleh seorang guru pastilah bersifat internal.

 

Guru peneliti adalah guru yang melaksanakan penelitian terhadap kegiatan pembelajarannya. Banyak hal yang perlu diteliti oleh seorang guru dalam proses pembelajaran di antaranya:

-     Permasalahan belajar peserta didik, mulai dari minat dan motivasi belajar peserta didik

-     Desain, cara dan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru terhadap kelasnya

-     Media  dan  sumber  belajar  yang  digunakan   oleh  guru   ada  pengaruhnya terhadap peserta didiknya

-     Sistem evaluasi dan penilaian yang diterapkan guru

 

Dari hal tersebut, bahwa guru melakukan penilian dalam suatu periode sangatlah diperlukan. Guru dalam melakukan penilitian baik proses kegiatan belajar yang dilakukan ataupun mengadakan penelitian terhadap proses pembelajaran guru lainnya, pastilah dalam rangka membentuk, meningkatkan juga dalam rangka perbaikan-perbaikan.

 

Penelitian yang dilakukan oleh guru biasanya diistilahkan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan tugas dan tanggung jawab guru terhadap kelas yang dikelolanya. Banyak guru yang tidak atau belum melakukan penilitian terhadap proses pembelajarannya. Guru biasanya takut dan enggan melalukan PTK, karena dipandang melakukan PTK atau menjadi guru peneliti sangat susah, menganggap melakukan PTK mengganggu tugas pokok seorang guru.

 

Menjadi guru peneliti sangatlah penting terhadap guru. Karena melakukan penelitian pada dasarnya adalah meng-evaluasi serta mengurai permasalahan yang ada dalam proses kegiatan pembelajarannya khususnya pada kelasnya. PTK bagi guru dapat menjadikan suatu kebutuhan bagi guru dalam mengurai permasalahan serta meningkatkan keprofesiannya. Kebutuhan guru terhadap Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam meningkatkan profesionalismenya, antara lain:

1. Meningkatkan kinerja guru, sehingga benar-benar menjadi profesional. Guru tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan saja, akan tetapi juga berusaha untuk memperbaiki kinerja juga berinovasi dan menjadi peneliti.

2. Dengan melaksanakan PTK, tentu dapat mengurai  permasalahan  yang  timbul  dalam pembelajarannya, sehingga dapat mencari solusi serta pemecahan permasalahan dalam proses pembelajaran di kelasnya.

3. Guru akan menjadi peka dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kelasnya. Juga menjadikan guru lebih reflektif dan kritis terhadap sesuatu yang akan dilakukan dan dilakukan oleh peserta didiknya.

4.  Guru peneliti atau dalam melakukan PTK tidak perlu meninggalkan kelasnya, karena yang perlu diadakan penelitian adalah kegiatan proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelasnya. PTK juga merupakan suatu kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran.

5. Guru peneliti  akan  mampu  memperbaiki  proses  pembelajaran melalui suatu kajian permasalahan yang diteliti dan terjadi dalam kelasnya. Penelitian dilakukan oleh guru didasarkan terhadap masalah aktual dan faktual yang berkembang di kelasnya.

6. Guru yang melaksanakan penelitian akan menjadi lebih kreatif, cermat dan dapat mengurai permasalahan serta dapat mencari berbagai upaya sebagai pemecahannya.

7.  Dengan melaksanakan PTK, guru dapat mengatasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan di dalam maupun di luar kelas.

8. Menumbuh-kembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah dan menciptakan sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan.

9.  Meningkatkan sikap profesional pendidik.

10. Meningkatkan mutu, proses dan hasil pendidikan  dan pembelajaran di sekolah  atau madrasahnya.

 

Penelitian yang dilakukan oleh guru sebagai guru peneliti akan menjadikan hasil dari penelitian tersebut dapat bermanfaat untuk membantu guru dalam melakukan perbaikan pembelajarannya, dapat juga dijadikan sebagai pengelolaan kelas dan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik. Perlu dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas adalah untuk mengatasi permasalah reformasi kurikulum yang sedang berlangsung.

 

Penulis     : Toad Isbani, S.Kom

Pekerjaan : Guru MTsN Surakarta 1

NPA PGRI  : 12060900018

No.KOGTIK: 2018-01-0000512

Email        : toadisbani@gmail.com

Blog          : https://toadisbanimtsn1solo.blogspot.com/

  

2 komentar:

Follow Us @soratemplates