Kamis, 11 Februari
2021 |
oleh: Toad Isbani, S.Kom
Peneliti adalah seseorang yang melakukan aktivitas atau tugas melakukan pengamatan,
penelitian dengan maksud untuk pembahasan, evaluasi atau pengembangan suatu
program atau permasalahan. Peneliti juga bertugas mendeskripsikan, mencari,
memberikan, memproyeksikan data atau peristiwa yang terkait suatu hal atau
permasalahan. Penelitian yang dilakukan oleh seorang guru pastilah bersifat
internal.
Guru peneliti adalah guru yang
melaksanakan penelitian terhadap kegiatan pembelajarannya. Banyak hal yang
perlu diteliti oleh seorang guru dalam proses pembelajaran di antaranya:
-
Permasalahan belajar
peserta didik, mulai dari minat dan motivasi belajar peserta didik
-
Desain, cara dan
strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru terhadap kelasnya
-
Media dan sumber belajar yang digunakan oleh guru ada pengaruhnya terhadap peserta didiknya
-
Sistem evaluasi dan
penilaian yang diterapkan guru
Dari hal tersebut, bahwa guru
melakukan penilian dalam suatu periode sangatlah diperlukan. Guru dalam
melakukan penilitian baik proses kegiatan belajar yang dilakukan ataupun
mengadakan penelitian terhadap proses pembelajaran guru lainnya, pastilah dalam
rangka membentuk, meningkatkan juga dalam rangka perbaikan-perbaikan.
Penelitian yang dilakukan oleh
guru biasanya diistilahkan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK
merupakan tugas dan tanggung jawab guru terhadap kelas yang dikelolanya. Banyak
guru yang tidak atau belum melakukan penilitian terhadap proses
pembelajarannya. Guru biasanya takut dan enggan melalukan PTK, karena dipandang
melakukan PTK atau menjadi guru peneliti sangat susah, menganggap melakukan PTK
mengganggu tugas pokok seorang guru.
Menjadi guru peneliti sangatlah penting terhadap guru. Karena melakukan
penelitian pada dasarnya adalah meng-evaluasi serta mengurai permasalahan yang
ada dalam proses kegiatan pembelajarannya khususnya pada kelasnya. PTK bagi
guru dapat menjadikan suatu kebutuhan bagi guru dalam mengurai permasalahan serta meningkatkan keprofesiannya. Kebutuhan
guru terhadap Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam meningkatkan profesionalismenya,
antara lain:
1. Meningkatkan kinerja guru, sehingga benar-benar menjadi profesional. Guru
tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan saja, akan tetapi juga
berusaha untuk memperbaiki kinerja juga berinovasi dan menjadi peneliti.
2. Dengan melaksanakan PTK, tentu dapat mengurai permasalahan yang timbul dalam pembelajarannya, sehingga dapat mencari solusi serta pemecahan
permasalahan dalam proses pembelajaran di kelasnya.
3. Guru akan menjadi peka dan tanggap terhadap dinamika pembelajaran di
kelasnya. Juga menjadikan guru lebih reflektif dan kritis terhadap sesuatu yang
akan dilakukan dan dilakukan oleh peserta didiknya.
4. Guru peneliti atau dalam melakukan PTK tidak perlu meninggalkan kelasnya,
karena yang perlu diadakan penelitian adalah kegiatan proses pembelajaran yang
dilakukan di dalam kelasnya. PTK juga merupakan suatu kegiatan penelitian yang
terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran.
5. Guru peneliti akan mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu
kajian permasalahan yang diteliti dan terjadi dalam kelasnya. Penelitian
dilakukan oleh guru didasarkan terhadap masalah aktual dan faktual yang
berkembang di kelasnya.
6. Guru yang melaksanakan penelitian akan menjadi lebih kreatif, cermat dan
dapat mengurai permasalahan serta dapat mencari berbagai upaya sebagai
pemecahannya.
7. Dengan melaksanakan PTK, guru dapat mengatasi permasalahan pembelajaran dan
pendidikan di dalam maupun di luar kelas.
8. Menumbuh-kembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah dan menciptakan
sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran
secara berkelanjutan.
9. Meningkatkan sikap profesional pendidik.
10. Meningkatkan mutu,
proses dan hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau madrasahnya.
Penelitian yang dilakukan oleh
guru sebagai guru peneliti akan menjadikan hasil dari penelitian tersebut dapat
bermanfaat untuk membantu guru dalam melakukan perbaikan pembelajarannya, dapat
juga dijadikan sebagai pengelolaan kelas dan permasalahan yang dihadapi oleh
peserta didik. Perlu dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas adalah untuk
mengatasi permasalah reformasi kurikulum yang sedang berlangsung.
Penulis : Toad Isbani, S.Kom
Pekerjaan :
Guru MTsN Surakarta 1
NPA PGRI : 12060900018
No.KOGTIK:
2018-01-0000512
Email : toadisbani@gmail.com
Blog : https://toadisbanimtsn1solo.blogspot.com/
Betul sekali. Bapak memang hebat
BalasHapusaamiin. Wah hanya sekedar untuk melatih dan belajar. Salam SEDULUR
Hapus