Selasa, 23 Februari
2021 |
oleh: Toad Isbani, S.Kom
Tongkat adalah suatu alat yang dijadikan untuk menopang. Tongkat dapat pula
diartikan sebagai suatu alat bantu. Banyak yang mengartikan tongkat adalah
potongan bambu, rotan, ataupun kayu yang
digunakan untuk menopang atau untuk pegangan ketika berjalan.
Masa depan merupakan suatu kemungkin ataupun wujud dari perjalanan waktu. Masa depan
juga berarti masa yang akan datang sedangkan untuk ralita dalam kehidupan saat
ini adalah hasil pemikiran di masa yang lalu. Yang juga dapat diartikan bahwa
pikiran kita saat ini akan menghasilkan kehidupan di masa depan.
Pendidikan diartikan sebagai suatu sarana untuk berubah. Dengan pendidikan orang akan
terbebas dari kebutaan dan ketidaktahuan. Pendidikan akan menghantarkan kearah
kebaikan. Semakin tinggi pendidikan seseorang akan semakin tinggi juga
pengetahuannya, pendidikan juga akan mendapatkan posisi kedudukan yang lebih
baik. Proses pembelajaran bagi peserta didik agar dapat mengetahui
kemampuannya, mengevaluasi, juga menerapkan setiap ilmu yang didapat dari
pembelajaran di kelas atau pengalaman yang didapatkan dalam kehidupan
sehari-hari merupakan pengertian dari pendidikan.
Kenapa penulis ungkapkan bahwa
tongkat masa depan pendidikan adalah guru. Karena ditangan gurulah kemajuan
pendidikan terwujudkan. Jika pendidikan maju dan bermutu maka jayalah
Indonesia. Perlu juga dipahami bahwa apapun yang terjadi di dalam kelas
bukanlah pengajaran, akan tetapi pembelajaran. Guru bukan mentransfer ilmu saja
akan tetapi mengajak untuk menemukan pemecahan permasalahan dengan
membimbngnya.
Pendidik atau guru adalah suatu
profesi yang menentukan dalam mengubah masa depan bangsa. Karena guru mempunyai
tugas dan fungsi untuk mendidik, mengajar, mengubah perilaku dan juga membentuk
karakter peserta didik. Syarat menjadi guru sekarang ini adalah harus
berkualifikasi pendidikan minimal sarjana atau S1 dan harus memiliki empat standar
kompetensi, yakni:
1. Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Pedagogik
merupakan kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses
pembelajaran atau interaksi mengajar pada peserta didik. Ada beberapa aspek
yang harus dikuasi, di antaranya:
a. a. Teori belajar dan
prinsip pembelajaran yang mendidik
b. Pengembangan kurikulum, dimaksudkan guru harus dapat menyusun perangkat pembelajarannya yang meliputi menyusun silabus dan rencanan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan ketentuan, kebutuhan, mengacu pada relevansi, efektivitas dan efisiensi, kontinuitas, integritas dan fleksibilitas.
c. c. Pembelajaran yang
mendidik dan juga pendampingan belajar
d. d. Pengembangan potensi
para peserta didik
e. e. Karakteristik para
peserta didiknya
f. f. Penilaian dan atau
evaluasi belajar
Kompetensi pedagogik
dapat diperloleh melalui proses belajar masing-masing guru yang sistematis dan
terus-menerus
2. Kompetensi Kepribadian
Kepribadian positif
wajib dimiliki oleh guru. Seorang pendidik harus mampu mendidik peserta
didiknya supaya memiliki sikap dan perilaku baik (attitude).
3. Kompetensi Profesional
Profesional guru
adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki agar tugas keguruan
dapat diselesaikan dengan baik. Keterampilan berkaitan dengan hal-hal yang
cukup teknis dan akan berkaitan langsung dengan kineraja guru. Seorang guru
mempunyai kewajiban untuk mampu membimbing seluruh peserta didiknya untuk
mencapai standar kompetensi yang sudah ditentukan dalam Standar Nasional.
4. Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial
sangat berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi
secara umum, baik dengan peserta didik, sesama guru, pegawai, orang tua peserta
didik dan juga masyarakat luas. Guru harus mampu beradabtasi dan menjalankan
tugas sebagai guru di berbagai lingkungan dengan berbagai macam ciri sosial
budaya masing-masing. Guru harus mampu berkomunikasi baik secara lisan maupun
tulisan. Seorang guru tidak boleh melakukan diskriminasi tentang lata belakang
dan status sosial seseorang.
Dari penjelasan tersebut di atas memang gurulah yang menjadi tongkat
pengendali, penopang masa depan pendidikan Indonesia. Guru sebagai tongkatnya
yang akan memajukan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas.
Penulis : Toad Isbani, S.Kom
Pekerjaan :
Guru MTsN Surakarta 1
NPA PGRI : 12060900018
No.KOGTIK:
2018-01-0000512
Email : toadisbani@gmail.com
Blog : https://toadisbanimtsn1solo.blogspot.com/
Memoar for becoming a good teacher. Thank a lot Mr.
BalasHapussama-sama bu, terima kasih juga sudah dikomentari untuk penyemangat saya
HapusTulisannya tertata dengan rasional yg apik, tertata shg mudah dipahami
BalasHapusterima kasih, semoga lebih bermanfaat ketika dibaca. komentar ibu menumbuhkan semangat bagi saya
HapusOk tulisannya cukup menydarkan sy terhadap tugas dan tanggung selaku guru.
BalasHapusmantap, mari sebagai guru harus punya jejak dalam sejarah. terima kasih juga telah memberikan komentar. menjadi suntikan semangat untuk saya.
HapusSemoga tongkat estafet pendidikan akan sellaau terjalin...
BalasHapus