Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Kamis, 31 Desember 2020

Akhiri Tahun 2020 dengan Webinar Guru Inspiratif, KOGTIK Kerjasama TV Andi

Sumber gambar: foto flayer Webinar TV Andi Kamis, 31/12/20

 

Kamis, 31 Desember 2020 | oleh: Toad Isbani                        postingan ke-102 ditahun 2020

 

Webinar, merupakan suatu pertemuan dari beberapa orang yang dimaksudkan untuk memberikan informasi dan juga pihak orang lain yang menginginkan informasi. Webinar juga dapat diartikan sebagai suatu seminar secara online. Webinar dalam arti Web-Seminar. Pada postingan hari ini, yang merupakan hari penghujung tahun 2020 yakni hari Kamis, 31 Desember 2020, saya memposting tulisan dengan judul Akhiri Tahun 2020 dengan Webinar Guru Inspiratif, KOGTIK Kerjasama TV Andi. Ya memang pada hari Kamis, 31 Desember 2020 jam 13.00 – 16.00 WIB ada jadwal dan undangan mengikuti seminar secara web atau online dengan tema Peran Guru di Sekolah Online Dalam menyongsong Tahun Baru 2021 Untuk Indonesia Maju.

 Sumber gambar: foto  acara Webinar TV Andi Kamis, 31/12/20

Sungguh sangat luar biasa kegiatan yang diadakan untuk menutup tahun 2020 ini, KOGTIK kerjasama dengan TV Andi (channel youtube dari penerbit Andi Jogja) yang peduli terhadap kemajuan dunia pendidikan. Dengan menghadirkan PLT Kepala Pusdatin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Muhammad Hasan Chabibie, S.T., M.Si dalam sambutannya tentang kita belajar dengan adanya pandemi, yang semula banyak proses pembelajaran selama ini didesain dengan belajar tatap muka dan akhirnya bergeser ke proses pembelajaran dari rumah dengan istilah pembelajaran jarak jauh. Arahan Beliau adalah untuk membangun optimisme pendidikan di tahun 2021 ini nanti. Optimisme adalah 50% keberhasilan pendidikan kita.

 

Pada diskusi pendidikan yang dikemas rapi pada webinar kali ini, menghadirkan lima guru inspiratif, yakni:

1) Ibu Emi Sudarwati, S.Pd (Guru SMPN 1 Baureno Bojonegoro Jawa Timur)

Sebagai guru Bahasa Jawa yang pada tahun 2014 sudah menerbitkan buku solo (buku tunggal) dengan judul “NGILON” dan dua buku karyanya bersama siswa dengan judul “Lung” dan “Thukul”. Selanjutnya di tahun 2015 semakin menambah karya-karyanya dengan para siswanya yang menobatkan dirinya sebagai guru yang inspiratif, kemudian di tahun 2016 semakin melejitkan prestasi Beliau menjadi Juara 1 Inobel Nasional juga prestasi berikutnya menjadi juara 3 Guru Prestasi sampai menghantarkan untuk lebih mendalami tentang pendidikan di Negeri Belanda.

 

Di tahun berikutnya yakni tahun 2017, semakin melejitkan karyanya dengan menerbitkan hingga 51 judul buku bersama siswa dan guru Indonesia, bisa berkarya dan menjadi narasumber serta kurator berbagai buku. Dan masih banyak prestasi dan karya yang dihasilkan oleh Beliau. Pada tahun 2020 Ibu Emi juga berhasil menerbitkan 95 judul buku bersama siswa, guru dan masyarakat Indonesia.

 

2) Ibu Santika Kusuma D (Guru SMP Islam Baitul Izzah Nganjuk)

Seorang guru Bahasa Inggris yang berhasil memikat hati Mas Menteri Nadiem dengan Surat Untuk Mas Menteri pada Mei 2020. Banyak inovasi yang dibuat oleh Bu Santika dan dengan keprihatinan atas dihapusnya Bahasa Inggris dari sekolah dasar menjadikan tantangan dan pelecut semangat untuk berkarya. Beliau juga menciptakan inovasi tentang Celengan Rindu Kita.

 

3) Bapak Rachman Firdaus M.Pd (Guru SMPN 1 Nagawutung Lombata – NTT)

Seorang guru IPS yang mampu membuat inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan kearifan budaya lokal dengan tidan mengesampingkan perkembangan tenologi. Dengan keterbatasan sarana dan prasarana membuat untuk dapat bangkit dan menciptakan inovasi pembelajaran demi memajukan pendidikan Indonesia.

 

4) Ibu Endang Wahyu W., M.Pd (Guru SMPN 4 Cikalong Wetan Jawa Barat)

Seorang guru dengan segudang prestasi yang benar-benar menginspirasi. Prestasi yang diraihnya diantaranya sebagai Juara Guru Berprestasi diberbagai tingkat, Juara Guru Inspiratif di Jawa Barat tahun 2018 dan masih banyak prestasi yang diraihnya. Beliau juga merintis berdirinya SMPN 4 Cakalongwetan serta SMA Terbuka untuk menampung anak-anak putus sekolah agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sungguh niatan yang sangat luar biasa dari Beliau. Di masa pandemi ini melakukan kegiatan untuk menyelematkan anak putus sekolah di masa covid-19. Selain juga aktif dalam bakti sosial, Beliau juga melakukan inovasi pembelajaran di tengah pandemi covid-19 dengan cara mengkolaborasikan mata pelajaran dalam satu tema yang sama yaitu merdeka dari covid-19 untuk kelas 8 dan inspirasi dari kupu-kupu untuk kelas 9.

 

5) Ibu Atin Kartinah, M.Pd (Guru SMPN 2 Garut)

Seorang guru yang berupaya menghantarkan siswa meraih kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Upaya tersebut dilakukan pembelajaran berbasis lingkungan dengan menciptakan sekolah Adiwiyata. Pembinaan duta sanitasi sekolah dan pembina kelompok ilmiah remaja (KIR). Beliau berprestasi dalam pembimbingan duta sanitasi se Jabar, Peraih Juara 1 Guru Prestasi Kabupaten, Juara ke-1 Lomba PNS Teladan Jabar, Dinalis Inobel Nasional 218-2019.

 

Untuk lebih jelas dan paham dari paparan kelima pembicara tersebut dapat disaksikan pada link URL : https://www.youtube.com/watch?v=2BkP96eZCiw pada Channel Youtuve TV Andi. Atau langsung dapat disaksikan pada video di bawah ini :

 

#Dec31AISEIWritingChallenge

2 komentar:

Follow Us @soratemplates