Sumber:
workshop HGN dan HUT PGRI 2020 Prov. Bali, Kamis 26/11/20
Selasa, 01 Desember 2020 | Toad Isbani
Dr. Tomi Listiawan. S.Si., M.Pd. (Ketua
Publikasi Ilmiah PB PGRI) menyampaikan pada workshop webinar dalam rangka
HGN Tahun 2020 dan HUT PGRI ke-75 yang diselenggarakan oleh PGRI Provinsi Bali,
hari keempat sesi-1 Kamis 26 November 2020 bahwa PGRI berjuang dan sebagai
wadah para guru terwujud dengan dibentuknya Asosiasi yang bertujuan mengelola
dan membantu para guru dan literasi, yang dinapakan APPI (Asosiasi Pengelola Publikasi Ilmiah) Perguruan
Tinggi (PT) PGRI = SK Pengurus Besar
PGRI No.32/Kep/PB/XXII/2020.
Perguruan Tinggi PGRI ada sekitar 53 an Perguruan
Tinggi PGRI. Ada Jurnal-jurnal
ilmiah yang dikelola oleh PT PGRI seluruh Indonesia.
Salah satu
Program APPI PT PGRI = 1) Pendampingan
Pengelolaan Jurnal, 2) Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah. Kebutuhan kita
sebagai guru dan dosen adalah publikasi ilmiah.
Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah-Tingkat Dasar
-
Penguasaan Aplikasi penulisan kutipan dan daftar pustaka (Mendeley, Zotero dan
EndNote x9)
-
Penulisan artikel sesuai template Jurnal/Prosiding
- Tembus Jurnal Nasional (Terakreditasi Sinta 3-6)
Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah – Tingkat Menengah
- Tembus
Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 2
- Tembus
Prosiding Internasional Terindeks
- Tembus Jurnal Internasional
Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah – Tingkat Lanjutan
- Tembus
Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 1
- Tembus
Jurnal Internasional Bereputasi
Mengapa Menulis Ilmiah?
Sebagai Riset, Publikasi, dan juga karena
kebutuhan kum/AK (Angka Kredit) untuk Kenaikan Pangkat bagi PNS. Menulis ilmiah
juga sangat mudah karena data ada disekeliling kita, karena kita sebagai guru
pastilah banyak data disekeliling kita.
Tujuan hasil penelitian yang kita lakukan
mempunyai dampak terhadap orang lain mungkin dikutip. (bermanfaat dengan orang
lain)
Permennegpan dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun
2009 terbagi menjadi
3 Macam Publikasi Ilmiah
1.
Presentasi
pada forum ilmiah
2.
Publikasi
hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal; terdiri
dari empat kelompok, yakni: a) Laporan hasil penelitian, b) Tinjauan ilmiah, c)
Tulisan ilmiah populer, d) Artikel ilmiah
3.
Publikasi
buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau guru
Publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif
1. Berupa buku yang diterbitkan ber-ISBN dan
diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP nilai Angka Kreditnya 4
2. Berupa tulisan (artikel ilmiah) yang dibuat di
jurnal ilmiah tingkat nasional yang teakreditasi nilai Angka Kreditnya 3
3. Berupa tulisan (artikel ilmiah) yang dimuat di
jurnal ilmiah tingkat provinsi nilai Angka Kreditnya 2
4. Berupa tulisan (artikel
ilmiah) yang dimuat di jurnal ilmiah tingkat Kabupaten/Kota nilai Angka
Kreditnya 1
5. Berupa makalah hasil Penelitian dan telah diseminarkan di sekolah/madrasah penulis nilai Angka Kreditnya 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar