Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Selasa, 08 Desember 2020

Kepatuhan Masa Uji Coba Tahap Pertama PTM (Pembelajaran Tatap Muka)

Sumber Gambar: Postingan dan Informasi grup WhatsApp Kedinasan MTsN Surakarta I

Selasa, 08 Desember 2020 | Toad Isbani

Syukur alhamdulillah, pelaksanaan Uji Coba Tahap Pertama PTM (Pembelajaran Tatap Muka) yang dilaksanakan di Kota Surakarta tingkat SMP/MTs berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran virus covid-19. Pada pelaksanaan uji coba tersebut ditunjuk mengikuti program pemerintah kota Surakarta yang bekerjasama dengan dinas pendidikan kota Surakarta juga gugus penanganan covid-19 kota Surakarta adalah dua SMP dan satu Madrasah (MTs). Tiga instansi pendidikan yang mengikuti uji coba pelaksanaan PTM adalah MTsN Surakarta I, SMPN 4 Surakarta dan SMP Al Azhar Syifa Budi Surakarta.

Pembelajaran Tatap Muka ini dilaksanakan dengan pemantauan yang sangat ketat, baik dari pemerintah kota Surakarta, Dinas Pendidikan Kota Surakarta dan juga Petugas Gugus Penanganan Covid-19. Syarat sebelum pelaksanaan PTM juga harus dipenuhi dalam rangka pencegahan dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bersama. Syarat sebelum mengadakan Uji Coba Pelaksanaan PTM di antaranya: 1) membuat surat perizinan dan permohonan pelaksanaan PTM ke Pemerintah Kota Surakarta dengan tembusan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kota Surakarta, juga pihak-pihak terkait. 2) Membuat angket persetujuan orang tua dalam kaitan pemberian izin peserta didik kelas 9 untuk uji coba pelaksanaan PTM. 3) Membuat surat izin dan persetujuan kepada komite sebagai partner dan mitra kerja sekolah/madrasah. 4) Membentuk Panitia Pelaksanaan Uji Coba PTM. 5) Pemenuhan syarat sarana dan prasarana proses pembelajaran. 6) Membuat foto dan video simulasi dan petunjuk pelaksanaan PTM. 7) Membuat program bersama terkait pelaksanaan PTM (penjadwalan, teknis proses pembelajaran dan cek kesiapan dll)

Pelaksanaan Uji Coba Tahap Pertama PTM MTsN Surakarta I bersama dengan dua SMPN 4 Surakarta dan SMP Al Azhar Syifa Budi Surakarta tersebut di awali dengan rapit test terlebih dahulu yang dilaksanakan pada tanggal 2 November 2020 secara serempak dan kembali diadakan rapit test yang kedua pada tanggal 27 November 2020. Dari hasil rapit test tersebut yang akan dijadikan tolok ukur pelaksanaan PTM berlanjut atau tidak. Rapit test untuk mendeteksi reaktif atau tidak reaktif virus covid-19 diberlakukan semua pendidik dan tenaga kependidikan dan juga kepada peserta didik (siswa) yang telah mendapat izin dari orang tua untuk mengikuti Uji Coba Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka ini.


Jika hasil rapit test tersebut ada yang dinyatakan reaktif maka akan dilanjutkan ke penanganan yakni pelaksanaan swab. Pelaksanaan rapit test maupun swab ditunjuk dari Rumah Sakit Bung Karno Surakarta.

Semoga wabah ini segera berakhir dan kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. Dan tulisan ini semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan PTM, dan mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol dan aturan yang berlaku. Mengingatkan, patuh, disiplin, menjaga kebersihan, menjaga kesehatan dan berdoa adalah kunci kesuksesan. Salam Literasi Indonesia.

#Dec8AISEIWritingChallenge 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates