Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Jumat, 18 Desember 2020

SIMPATIKA (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan) KEMENTERIAN AGAMA, SANGAT LUAR BIASA

Sumber Gambarhttps://www.youtube.com/watch?v=506X7zQmuuY&feature=youtu.be  diakses tgl 18/12/20

Jum'at, 18 Desember 2020 | oleh: Toad Isbani

Disampaikan oleh Bapak Suyitno (Direktur GTK Madrasah) dalam video youtube yang penulis akses dan saksikan pada hari Jum’at 18/12/2020 bahwa Aplikasi SIMPATIKA ini dibuat sebagai upaya untuk menata kelola guru berbasis aplikasi secara baik khususnya dalam sertifikasi guru tentunya di dalamnya juga menyangkut tunjangan profesi guru dan bahkan juga memastikan adanya nomer regristrasi guru berbasis aplikasi.


Dalam paparan video dalam youtube (https://simpatika.kemenag.go.id/madrasahh) tersebut bahwa ada tiga layanan dalam aplikasi simpatika tersebut, yakni 1) Verifikasi dan validasi NRG; 2) Lanyanan Tunjangan Profesi Guru; dan 3) Sertifikasi Guru. Selain untuk layanan sertifikasi guru, simpatika juga dirancang kedepan untuk meningkatkan kompetensi guru secara menyeluruh dan nasional.

Sumber Gambarhttps://simpatika.kemenag.go.id/madrasahh  diakses tgl 18/12/20

Sungguh sangat luar biasa Sistem Aplikasi SIMPATIKA ini, karena sistem aplikasi ini terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah atau sistem DAPODIK milik Kemendikbud. Juga terintegrasi dengan sistem milik Kemenristek, Pustekdikti. Serta terintegrasi juga dengan SIMPEG dan EMIS. Bahwa keberadaan Simpatika ini secara sistematik juga bermanfaat untuk menerbitkan Nomor Registrasi Guru (NRG), validasi data guru honorer melalui SIM-BKN, Aplikasi Sertifikasi Guru (ASG) pada perguruan tinggi agama/umum, juga bermanfaat untuk akses bagi para auditor untuk mengidentifikasi beban kerja guru dan menyederhanakan administrasi pembayaran segala bentuk tunjangan guru di seluruh satker kementerian agama.


Dalah hal ini aplikasi simpatikan tersebut sangatlah memudahkan untuk kesemuaan, termasuk dalam hal berkas-berkas yang terkait dengan kepegawaian. Intinya adalah bahwa Aplikasi SIMPATIKA ini dimaksudkan dalam rangka meng-optimalisasi tata kelola data dan beban kerja guru Madrasah se-Indonesia.


Mulai 17 Agustus 2015, Kemenag mengembangkan secara mandiri Layanan SIM PTK Online berbasis sistem SIAP Padamu Negeri bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia (sumber: Web resmi PUSAT LAYANAN SIMPATIKA KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM) yang dapat di akses pada alamat URL : https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah

Menurut saya secara pribadi, Aplikasi Simpatika milik Kementerian Agama ini benar-benar luar biasa dan setidaknya memudahkan bagi pendidik (guru) dan tenaga kependidikan (pegawai) di bawah kementerian agama dalam memperoleh informasi dan bahkah pelayanan terhadap keberadaan pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan kementerian agama seluruh Indonesia. Semoga apa yang saya tuliskan di blog ini bermanfaat dan dapat menjadikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi para pembaca semua. Tiada Gading yang Tak Retak, istilah itulah yang mungkin dapat saya ungkapkan dengan maksud jika ada salah tulis dan salah pemahaman dari penulis (admin blog), saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, tidak ada maksud lain kecuali hanya sekedar untuk berbagi informasi dan saling belajar. Kritik dan komentar yang sifatnya membangun saya harapkan.


Juga di luar tulisan ini, saya (Toad Isbani) selaku admin dari blog ini menerima masukan, kritik dan saran juga komentar para pembaca semua melalui laman ini maupun ke kontak WA 08121508944 juga email toadisbani@gmail.com

#Dec18AISEIWritingChallenge 

6 komentar:

Follow Us @soratemplates