Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Jumat, 04 Desember 2020

UJI PUBLIK RPM PELAKSANAAN INFORMATIKA SMP/MTs oleh PUSKURBUK dengan ASOSIASI GURU TIK

Sumber: Kegiatan pertemuan virtual Uji Publik RPM Pelaksanaan Informatika, Kamis 03/12/20 

Jum'at, 04 Desember 2020 | oleh: Toad Isbani

Syukur Alhamdulillah terucap dari lubuk hati yang paling dalam, karena pada awal hari dibulan terakhir tahun 2020, yakni hari Selasa, 01 Desember 2020 mendapat kontak langsung dari pengurus KOGTIK dalam hal kesanggupan untuk mengikuti acara Uji Publik RPM tentang Pelaksanaan Informatika. Dengan senang hati saya jawab siap dan undangan dikirim lewat kontak WhatsApp pada hari Rabu, 02 Desember 2020.


Pada kesempatan tersebut pastilah suatu hal yang perlu disyukuri karena dapat bertatap muka walaupun secara online, pastilah dapat bersama-sama berdiskusi secara langsung meskipun melalui zoom meeting bersama guru-guru hebat yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, yang tentunya adalah guru-guru TIK/B-TIK atau Informatika. Pelaksanaan Uji Publik RPM Pelaksanaan Informatika tersebut pada hari Kamis, 03 Desember 2020.


Agenda kegiatan Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri (RPM) tersebut adalah sebagai berikut:

1. Registrasi Masuk Room Utama

Acara ini adalah semua peserta undangan harus masuk room zoom meeting dengan syarat, sesuai undangan dan sesuai kode asosiasi yang diikuti atau menugaskan, pada kesempatan ini saya termasuk tergabung pada KOGTIK.

Teman-teman yang tergabung pada KOGTIK yang diundang sebagai TIM Uji Publik RPM Informatika yakni:

a. Eko Adi Saputro, M.Kom – SMP Negeri 3 Kragan

b. Wiwin Sabayanti, S.Pd., S.T. – SMP PGRI 1 Bekasi

c. Wijaya Kusumah, M.Pd – SMP Labschool Jakarta

d. Putranto Kharisma Adhi, S.Kom – SMPN 17 Kota Bekasi

e. Rian Amaranto, S.Kom – SMPN 11 Magelang

f. Bambang Susetyanto, S.Kom – SMPN 1 Gabuswetan Indramayu

h. Asep Sugandi, SE – SMPN 1 Subang

i. M. Firman Suwarya, M.Kom – SMPN Unggulan Sindang

j. Toad Isbani, S.Kom – MTsN Surakarta I Surakarta Jawa Tengah

k. Doli Syahputra, ST - SMPN 248 Jakarta


2. Pembukaan

Pelaksanaan Kegiatan ini yang berperan sebagai pengarah kegiatan adalah Bapak Maman Fathurrohman dari puskurbuk dan pada kesempatan ini dibuka oleh Bapak Yogi Anggraena dari Puskurbuk yang berperan sebagai Koordinator Substansi Pengembangan Kurikulum, Beliau menyampaikan untuk saling bekerja sama, bersinergi dan menghasilkan RPM Informasi sebagai salah satu pedoman pelaksanaan mata pelajaran Informatika.


Selanjutnya kegiatan pada room utama tersebut dipimpin oleh Bapak Leli Al Hapip (pejabat puskurbuk) yang berperan sebagai penanggungjawab kegiatan ini. Beliau menyampaikan secara teknis dengan memaparkan RPM tersebut serta membagi room zoom diskusi dari berbagai kelompok menurut kode asosiasi yang diikuti (KOGTIK, AGTIFINDO, FGTIKKNAS, HIPPER). Penjelasan teknis dan paparan RPM secara rinci oleh Beliau Bapak Leli yang dilanjutkan mempimpin diskusi yang dibantu oleh ketua masing-masing kelompok room yang telah ditentukan.


 Sumber: Kegiatan pertemuan virtual Uji Publik RPM Pelaksanaan Informatika, Kamis 03/12/20 

3. Diskusi Kelompok pada Room Zoom yang berbeda

Kegiatan ini semua tim yang sudah dikelompokan sesuai dengan asosiasinya melakukan kajian terhadap RPM pasal demi pasal (pasal 1 s.d Pasal 10). Semua paham dicermati, dipahami, dikaji mulai dari kaidah bahasa, maksud juga penambahan ataupun pengurangan materi yang tertera pada bahan setiap pasal dan ayatnya.

Sumber: Kegiatan pertemuan virtual Uji Publik RPM Pelaksanaan Informatika, Kamis 03/12/20

Pada acara dan kegiatan diskusi ini diberi waktu maksimal sampai pada pukul 11:00 WIB dan kembali ke room zoom meeting utama untuk mempresentasikan hasil diskusi tersebut. Pada kegiatan diskusi tersebut saya tergabung pada room zoom diskusi kelompok KOGTIK yang dipimpin dan diketuai oleh Bapak Feisal Ghozaly yang berperan sebagai TIM Teknis dari Puskurbuk.


Banyak pertanyaan teknis yang disampaikan oleh anggota diskusi kepada Beliau diantaranya pertanyaan dari Teh Wiwih (Ibu Wiwin Sabayanti, S.Pd., ST) tentang isian yang harus diisikan perlu tidaknya menggunakan diskripsi singkat dan merupakan isian satu kesepakatan dari KOGTIK atau rincian per individu masing-masing. Dijawab langsung oleh Bapak Feisal bahwa pengisiannya secara individu dan secara individu dinotulenkan serta disimpulkan menjadi satu pada aplikasi google docx yang sudah disediakan. Selanjutnya ada pertanyaan dari Omjay (Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd) apakah materi bahan dapat langsung diubah pada form dan kemungkinan draf RPM tersebut dishare pada room diskusi?, dijawab langsung oleh Bapak Feisal bahwa RPM sifatnya masih draf tidak dishare dan diskusi ini diberi kebebasan untuk memberikan masukan terhadap RPM tersebut. Diluar room juga sudah dishare publik Daftar Inventaris Masalah RPM Pelaksanaan Informatika sebanyak 192 responden. Dan akan dicermati dan dibaca juga dipahami pada pertemuan berikutnya, bersama dengan hasil diskusi sekarang ini. Selanjutnya setelah selesai dan mendapatkan catatan serta notulen dari hasil diskusi, selanjutnya adalah kembali ke room zoom utama untuk melakukan Presentasi Hasil.


4. Pelaksanaan Presentasi pada Room Zoom Meeting Utama

Presentasi pada kelompok asosiasi KOGTIK disampaikan oleh Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd (Omjay) dan Bapak Eko Adi Saputro, M.Kom. Terdapat beberapa catatan penting yang perlu digaris bawahi dan cermati pada berbagai pasal-pasal tersebut sebagai masukan dan tambahan untuk perbaikan RPM tersebut.


5. Penutup

Acara penutupkan dilakukan setelah sholat Dhuhur yang ditutup oleh Bapak Yogi Anggraena dengan mengucapkan banyak terimakasih atas atensi dan juga kerjasama dari berbagai pihak, dan kegiatan untuk hari ini akan ditindaklanjuti kembali pada pleno berikutnya, direncanakan kalau tidak hari senin kemungkinan juga hari selasa pekan depan.

Semoga PUSKURBUK kedepannya semakin sukses dan semua aspirasi dari kami para guru yang merupakan pelaksana dari kebijakan yang berada di lapangan dan sebagai ujung tombak pada bidang pendidikan ini selalu mendapatkan ruang serta wadah untuk diayomi.

Surat undangan Uji Publik RPM Pelaksanaan Informatika SMP/MTs, No.13254/H4/KR/2020 Tgl 01 Desember 2020

Demikian resume/dokumentasi atau catatan pelaksanaan kegiatan Uji Publik RPM pada kesempatan ini, tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada PUSKURBUK, KOGTIK dan juga TIM lain serta Asosiasi lain yang tergabung dan semua yang telah memberikan dukungan yang luar biasa untuk Guru TIK pada tahun mendatang. 



17 komentar:

  1. Balasan
    1. Terimakasih, hanya menulis apa yang dilihat dan apa yang didengar juga dilakukan waktu kegiatan itu Omjay.

      Hapus
    2. Komplit sudah. Bagus tulisanya Kereeen

      Hapus
  2. Tetap semangat Pak Toad
    Terimakasih untuk tulisannya
    Sehat selalu

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. hehehe, esensinya berbedalah bu, kan beda jenjang juga beda waktu kegiatannya. Monggo dilanjut semangat

      Hapus
  4. Membutuhkan kesabaran dan kecermatan untuk menulis liputan se lengkap ini. Dan itu ada pada pak Toad. Mantap lah pokokmen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, Kang Mul juga bisa dan semua bisa yang penting tahu kuncinya. Terimakasih pujiannya Kang Mul.

      Hapus
  5. Berasa mengikuti uji publik secara langsung. Semoga sukses, Pak Toad.

    BalasHapus
  6. Terima kasih pada pak Toad yg telah mewakili dari Solo Hawa Tengah semoga bisa mewakili aspirasi kita semua. Bagus banget liputannya yg begitu komplit dan jelas.

    BalasHapus

Follow Us @soratemplates