Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Rabu, 09 Desember 2020

Menggunakan Hak Suara dalam PILKADA Serentak Rabu 9 Desember 2020

Sumber Gambar: Foto undangan datang ke TPS I untuk menggunakan hak suara

Rabu, 09 Desember 2020 | oleh: Toad Isbani

Pada hari Rabu, 09 Desember 2020 Indonesia sedang mempunyai hajatan, yakni pelaksanaan PILKADA serentak. Dengan begitu pada hari dan tanggal tersebut diliburkan aktivitas biasanya dan diwajibkan untuk mendatangi TPS  (Tempat Pemungutan Suara) dalam rangka PILKADA. Semua warga akan mendapatkan surat undangan dalam rangka menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin disetiap daerahnya masing-masing. Demikian juga saya dan istri saya mendapat surat undangan seperti pada gambar tersebut di atas.


Dalam keluarga saya, hanya saya dan istri yang mendapatkan undangan tersebut karena anak-anak belum pada batas usia untuk menggunakan haknya. Dan sesuai dengan jadwal yang tertera pada undangan tersebut, saya dan istri menuju ke TPS yang telah ditentukan dan dipersiapkan oleh panita pelaksanaan pemungutan suara.


Pada saat datang di TPS, saya dan istri dilayani dan diarahkan oleh panitia dengan baik. Petugasnya juga sangat ramah-ramah, dan diingatkan untuk mematuhi protokol pencegahan penyebaran virus covid-19. Petugasnya jgau mematuhi protokol tersebut, ketika kami tiba di lokasi, langsung disambut petugas dan dianjurkan untuk cuci tangan terlebih dahulu, kemudian meng-lap (mengerikan tangan) dan diperiksa suhu badan oleh petugas lainnya, sambil memeriksa penggunaan masker. Setelah semua syarat dipatuhi, kami diarahkan untuk menuju ke petugas yang membawa kaos tangan plastik dan saya juga istri diberi kaos tangan plastik tersebut dianjutkan untuk segera memakainya. Setelah itu, saya dan istri diarahkan untuk menuju ke petugas pendaftaranya yang berada di dekat pintu masuk ruangan. Kemudia sambil ditanya dan diminta untuk menunjukkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) saya diminta untuk tanda tangan pada daftar yang sudah tersedia dengan nama saya Toad Isbani. Sedangkan istri masih duduk menunggu antrian saya di tempat pendaftaran tersebut. Setelah dicocokan antara daftar dan identitas yang tertera pada daftar tersebut kemudian saya diarahkan untuk membawa surat undangan tersebut ke petugas untuk ditukarkan dengan surat suara.


Saya lihat istri juga sudah mulai didaftar dicek pada daftar peserta pemungut suara. Karena saya sudah mendapatkan surat suara dari petugas, saya langsung menuju ke bilik suara dan melakukan pencoblosan sesuai dengan hak yang saya miliki. Setelah itu saya keluar dari bilik suara dan menuju ke kotak pengumpulan surat suara dan memasukkannya surat suara tersebut dengan disaksikan petugas. Kemudian saya keluar dan oleh petugas yang berada dipintu keluar ruangan tersebut diberi tanda kalau sudah melakukan pencoblosan pada jari kelingking tangan kanan saya, yang sebelumnya diminta untuk melepaskan kaos tangan plastik yang saya pakai ke kantong plastik sampah yang sudah disediakan oleh petugas.


Tahun sebelumnya, biasanya mencelupkan jari kelingking ke botol tinta, untuk kali ini tidak mencelupkan jari tetapi jari kita diberi tinta oleh petugas menggunakan pimpet dan diolehkan pada jari kelingking saya. Setelah diberi tanda sudah melakukan pencoblosan saya menunggu istri pada tempat tunggu diluar ruangan.


Setelah istri keluar dan melakukan hal yang sama dengan saya yakni diberi tanda jika sudah melakukan pencoblosan, akhirnya saya pulang dan dengan tanda tinta di jari kelingking kita berarti sudah melakukan penyaluran hak kita dalam hal pencoblosan untuk memilih pemimpin daerah.


Mungkin hal ini juga dilakukan oleh warga-warga yang lainnya. Dan cerita ini saya tuliskan di blog sebagai pengingat peristiwa penting untuk diri saya dalam hal menggunakan hak suara. Semoga bermanfaat untuk saya sendiri dan untuk pembaca lainnya. Mohon maaf jika ada salah tulisan atau ada kesalahan dalam lainnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates