Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Sabtu, 12 Desember 2020

Bus Armada Study Tour yang Ceria dan Mengasikkan Merefresh Pikiran dan Hati

Sumber Gambar: Foto Pribadi Bus Armada Studi Tour

Sabtu, 12 Desember 2020 | oleh: Toad Isbani

Sebelum virus corona melanda dan mewabah di Indonesia, Study Tour merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan sebagai implementasi pembelajaran untuk dipadukan dengan wisata. Belajar sekaligus wisata merupakan aktivitas yang diperlukan guna menambahkan wawasan kepada peserta didik terhadap dunia nyata di luar wilayah lingkungan keseharian sendiri.


Foto gambar di atas adalah salah satu bus armada yang merupakan transportasi dalam pelaksanaan study tour sebelum adanya wabah yang melanda negeri ini, yakni pada tanggal 13 sampai 17 Februari 2020. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 8. Dalam rangkaian kegiatan study tour tersebut biasaya juga diawal kegiatan tersebut adalah berkunjung ke salah satu sekolahan atau madrasah yang mempunyai tingkat penyelenggaraan dan prestasi yang tinggi. Dalah hal ini sekolah atau madrasah yang dikunjungi adalah sekolah atau madrasah untuk tingkat lanjutan dengan maksud mencarikan solusi dan menawarkan minat peserta didik untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi ke sekolah atau madrasah yang ternama dan terkenal.


Kegiatan selanjutnya adalah menuju ke tempat-tempat yang dianggap mempunyai nilai pembelajaran terhadap peserta didik. Semisalnya mengenalkan budaya-budaya Indonesia yang banyak macamnya, menuju ke tempat-tempat bersejarah, ataupun ke tempat perkembangan industri dan lain sebagainya yang memang dimungkinkan dapat menambah wawasan keilmuan bagi peserta didik dan terkait dengan mata pelajaran yang selama ini dipelajari.


Kegiatan study tour mungkin tidak akan asing disebut oleh banyak kalangan dan masyarakat. Setelah mengadakan kunjungan-kunjungan yang bersifat terhadap pembelajaran, di hari yang terakhir atau dua hari terakhir adalah acara wisata. Wisata biasanya identik dengan hiburan atau istilah trennya adalah refreshing. Pada kegiatan ini memang difoskuskan untuk merefresh kembali kondisi pikiran yang penat dan mensegarkan kembali pikiran, hati dan perasaan.


Pembelajaran diluar area madrasah atau sekolah memang diperlukan dan dibutuhkan. Selain mengenal dunia luar baik masih dalam lingkup wilayah Indonesia maupun ke luar wilayah Indonesia.

#Dec12AISEIWritingChallenge

4 komentar:

  1. Pengen jalan-jalan lagi sama para peserta didik, semoga penyakit yg lagi ngetrend ini segera selesai..
    Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. begitulah pak, kangen rasanya dengan peserta didik. apalagi peserta didik baru, sudah satu semester juga tidak ketemua.

      Hapus
  2. Semoga wabah segera berlalu..brsama siswa kita bsa study tour lgi.. Dan refresing..aamiin

    BalasHapus
  3. Ada pro dan kontra itu biasa. Musyawarah adalah jalan tengahnya. Di "musim" pandemi ini wisata dengan Google Earth saja. Hahahah.

    BalasHapus

Follow Us @soratemplates