Blog LITERASI Guru

Media untuk koreksi latihan corat-coret, menempa diri bersosial, mengkanfas sejarah kehidupan, mengukir pena menimpa noda, memupuk pahala mengikis dosa. Email : toadisbani@gmail.com ==&toadisbani.mts1@gmail.com&== SanDyaSya (GhaiSani, AninDya dan RaiSya)

Jumat, 25 Desember 2020

Pernyataan Good Job pada Pelatihan Office 365 Memberikan Sutikan Penyemangat Untuk Selalu Belajar, Belajar dan Terus Belajar

Sumber Gambar: sway praktik pada pelatihan office 365 Rabu 23/12/20

Url sway : https://sway.office.com/t8QdOijlGzQCHcjJ?ref=Link

 

Jum’at, 25 Desember 2020 | oleh: Toad Isbani

 

Good Job sebagai feedback yang diberikan pada penilaian Tugas 4 dalam pelatihan office 365 yang diberikan oleh master pada pelatihan itu, yakni Bapak Tri Budi Santoso. Sangat terkesan dan membawa semangat untuk selalu berlatih dan belajar. Ternyata memang ilmu pengetahuan dan juga teknologi sudah sangat pesat meninggalkan zaman jadul ke dalam zaman digital sekarang ini. Sekitar tahun 2000 an, sudah bisa mengetik menggunakan komputer sudah dianggap mempunyai kelebihan yang istimewa. Tidaklah berlaku untuk saat ini di mana semua sudah serba digital dan serba online.

Sumber Gambarsway praktik pada pelatihan office 365 Rabu 23/12/20

 

Pada tugas 4 ini adalah membuat Sway. Dan dalam Video Patroli Feedback Umpan Balik Tugas 4 Part #1 yang diunggah oleh pak Tri Budi tersebut terdapat daftar urutan peserta sudah mengumpulkan tugas, yang sedang porses pembuatan juga yang belum menyimak tugas 4 tersebut. Alhamdulillah dalam video tersebut terdapat nama saya yang termasuk dalam kategori sudah mengumpulkan tugas 4 dan akan dikoreksi serta diberi nilai serta pernyataan umpan balik dari master pelatihan ini yakni, Bapak Tri Budi. Terasa dag dig ketika menyimak video tersebut, sudah komplet tugasnya atau masih perlu diperbaiki dan ketika pada saatnya nama saya disebutkan oleh Beliau dan dinyatakan lengkap serta mendapatkan nilai 100 juga pernyataan Good Job, membuat rasa senang dan ada tambahan ilmu tentang sway yang memang mudah dalam pembuatannya. Selain itu memang master dalam pelatihan ini adalah menyampaikan paparan serta melatih kita-kita dengan sabar dan mudah kita pahami. Terimakasih pada pak Tri Budi Santoso juga Ibu Dedeh pokoknya. Untuk menyimak video patroli tersebut dapat disaksikan berikut di bawah


 

Sumber video: channel youtube pada URL Part #1 Tugas 4 Video Patroli Feedback Umpan Balik Optimaslisasi Office 365 SMP N 5 Cibadak - YouTube

 

Walaupun masih menunggu untuk hasil penilaian tugas-tugas yang lain, tetapi semua materi yang diajarkan dalam pelatihan office 365 tersebut benar-benar memberikan wacana dalam meningkatkan kompetensi sebagai guru. Guru haruslah belajar untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Masa pandemi wabah corona ini memang memaksa semua pendidik untuk dapat menyesuikan dengan kondisi. Dimana teknologi sudah menjadi kebutuhan yang melekat pada diri seorang pendidik. Generasi milenial yang memang menjadi zamannya dimana kehidupannya berkecimpung dan bergelut dengan teknologi termasuk jaringan internetnya.

 

Pada pelatihan ini dilaksanakan secara daring, dengan narasumber sekaligus pelatih ahli (master) Bapak Tri Budi Santoso dari SMKN 2 Purbalingga dan juga Ibu Dedeh Mulyati dari SMPN 5 Cibadak Lebak Banten. Beliau berdua menyampaikan materi, melatih, membimbing dan membersamai kita dengan sabar dan telaten sekali. Terimakasih saya haturkan kepada Beliau berdua. Webinar series hari pertama Senin 21 Desember 2020 sampai dengan Webinar Series hari ketiga Rabu 23 Desember 2020 dilaksanakan dengan lancar dan baik menggunakan aplikasi microsoft teams. Persiapan Webinar diawali dari uji coba webinar tersebut yang dilaksanakan pada hari Minggu 20 Desember 2020. Dipaparkan mulai dari tata tertip, panduan webinar dan juga penyampaian materi serta tugas-tugas disampaikan dengan gamblang dan lugas.

 

Pada pelatihan tersebut setelah pelaksanaan webinar pasti akan dibagikan kode untuk di redeem code para peserta sebagai tanda telah mengikuti webinar tersebut, selain adanya daftar hadir peserta pada webinar tersebut. Setiap pelatih akan memberikan kode diakhir pelaksanaan webinar yang diupload pada microsoft teams, dan semua peserta yang mengikuti pelatihan diwajibkan me-redeem kode tersebut, yang merupakan bagian dari tugas 1, serta diwajibkan mengikuti kursus selama pelatihan tersebut setidaknya dua kursus yang diikuti dari Microsoft Educator Center. Dapat disimpulkan untuk tugas 1 tersebut harus terdapat transkrip yang me-redeem code sebanyak enam, karena setiap webinar series terdapat dua code, dan pelatihan office 365 ini terdapat tiga kali pelaksanaan webinar. Juga terdapat minimal bukti mengikuti kursus pada periode pelaksanaan pelatihan ini.

 

Untuk tugas 2 adalah membuat teams pada aplikasi Microsoft Teams juga postingan satu materi bebas yang telah ditentukan pada ketentuan tugas 2 tersebut. Sedangkan untuk tugas 3 adalah membuat formulir atau kuis menggunakan aplikasi Forms pada office 365.

 

Besar harapan saya dan juga peserta pelatihan tersebut dapat lulus dalam pelatihan periode ini, sehingga dapat menerapkan ilmu yang kita dapatkan dari pelatihan tersebut untuk diimplementasikan pada instansi kita masing-masing juga dapat meng-share ataupun dapat berbagi wawasan keilmuan kita pada yang lain. Saya secara pribadi mohon doa dari pembaca semua untuk kelulusan dalam pelatihan kali ini dan mendapatkan nilai yang baik dalam pelatihan serta dapat mempraktikkannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

  

2 komentar:

  1. Good job Pak Toad

    Tugas ke 3 saya masih ada yg menggantung, belum diberikan nilainya.. Hehehhe,(Semoga besok sudah ada nilainya)

    BalasHapus
  2. terimakasih pak Indra. Saya yg ada nilainya baru tugas 4 pak. Tugas 1-3 blm ada nilainya juga.

    BalasHapus

Follow Us @soratemplates